Connect with us

Ekonomi&UMKM

Bantu Peternak Ayam Petelur, Forum Zakat Jawa Timur Bagikan 2 ton telur Kepada Kuli Gendong dan Panti Asuhan

Published

on

Bantu Peternak Ayam Petelur, Forum Zakat Jawa Timur Bagikan 2 ton telur Kepada Kuli Gendong dan Panti Asuhan

Rasi Fm – 29 badan lembaga zakat yang tergabung dalam forum zakat Jawa Timur menggelar kolaborasi sedekah telur sebanyak 2 ton telur.. Bupati Magetan Suprawoto yang hadir dalam kegiatan pembagian telur mengatakan, pembelian telur dari peternak sebanyak 2 ton oleh Forum Zakat Jawa Timur dimaksudkan untuk membantu meringankan beban para peternak ayam petelur yang terus mengalami kerugian karena harga telur yang anjlog sementara harga pakan justru naik. Langkah forum zakat Jawa Timur dengan membeli telur dari peternak kecil merupakan sebuah dukungan semangat bagi peternak.
“Jadi persoalannya Komplek tidak tidak bisa Pemerintah Kabupaten dalam menyelesaikan persoalan ini secara bebas, karena ini persoalan ekonomi secara makro kebijakan secara makro. Salah satu caranya kita adalah ini menghimbau kepada kepedulian seperti ini. Minimal kita ada langkah walau terkecil,“ ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupate Magetan Nur Haryani mengatakan, 2 ton telur yang dibeli oleh Forum Zakat Jawa Timur berasal dari 36 peternak kecil yang hanyamemiliki populasi ternak 2000 ekor. 2 ton telur dibungkus dengan berat 1,5 kilogram untuk dibagikan kepada 1.167 warga diantaranya kepada ratusan buruh gendong sayur ,3 panti asuhan dan panti jompo.
“ Ada 36 peternak karena ternak kepemilikan 2000 ke bawah ke bawah dan kita ada suport per kg nya kita tambahkan jadi di suatu sisi support sedikit peternaknya disatu sisi ada kegiatan sedekah untuk masyarakat, kurang lebih Rp1.000 atau Rp 800 per kilo dari harga kandang posisi hari ini 14.200,” katanya.
Pembagian telur kepada 1000 lebih warga dilaksanakan langsung oleh BUpati Magetan bersama 20 lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat Jawa Timur di jalan tembus yang berada di sebelah timur pasar sayur Magetan. (DmS)

Baca Juga:  Berada di Level 3, Anggota DPRD Kabupaten Magetan Desak Dinas Pendidikan Lakukan Inovasi Pembelajaran Tatap Muka.

 264 total views,  3 views today