Connect with us

Ekonomi&UMKM

Harga Telur Anjlok, Pakan Naik, Peternak Magetan Bagikan Setengah Ton Telor Dalam Demo Sedekah Telur

Published

on

Harga Telur Anjlok, Pakan Naik, Peternak Magetan Bagikan Setengah Ton Telor Dalam Demo Sedekah Telur

Rasi Fm – Puluhan peternak ayam petelur di Kabupaten Magetan menyuarakan kegelisahan mereka atas harga telur yang terus melorosot dengan menggelar demo sedekah telur. Koordinator aksi demo Rohman mengatakan, harga telur hari ini yang terjun hingga Rp 15.000 perkilogram menurutnya tidak sebanding dengan harga pakan. Peternak berharap harga telur bisa stabil di kisaran harga Rp 19.000 sehingga sesuai dengan harga pokok produksi. Sementara harga pakan seperti jagung saat ini justru naik menjadi Rp 6.500 perkilogram yang menurutnya akan ideal di kisaran Rp 5.000. Akibat ketimpangan tersebut peternak ayam petelur di Kabupaten terus merugi.
“ Hari ini 15 ribu kalau normalnya sebenarnya Rp 19.000 sudah HPP lah, sudah dapat untung. Kalau pakan saat ini Rp 6.500 perkilo, kalau idealnya paling tidak diangka Rp 5.000 lah. Satu hari saya nanggung 1 jutaan nombok pakan,” ujarnya.
Sementara Sunoto peternak ayam petelur lainnya mengaku peternak di Magetan harus menanggung kerugian Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta rupiah setiap hari untuk setiap 10.000 ayam petelur milik mereka karena mahalnya harga pakan. Meski telur mereka setiap hari habis namun pada kenyataannya mereka harus melakukan subsidi kepada pakan ayam. Dengan aksi sedekah setengah ton telur tersebut para peternak di Magetan berharap pemerintah daerah memberikan perhatian baik melalui kebijakan maupun perhatian dalam bentuk lainnya,
“Per 10.000 kita ruginya satujuta limaratus tiap hari. Telur itu harganya rendah hanya Rp 14.000. Sedangkan harga pakan harga jagung terus naik. Nek telur habis terus, hasil telur satu hari kalau dibelikan pakan hanya dapat setengah hari, yang setengah hari nombok,” katanya.
Aksi sedekah telur dilakukan oleh 30 peternak ayam petelur di Magetan dilakukan di lampu merah di sebelah timur Pasar Baru Magetan dan di depan pasar Baru Magetan. Aksi sedekah bagi telur tersebut disambut antusias warga. (DmS)

Baca Juga:  Pemuda di Desa Sidokerto Kembangkan Cacing Dari Media Sampah Organik Warga

 300 total views,  3 views today