Connect with us

Budaya

Warga NU di Desa Turi Gelar Lebaran Kupatan di Hari Lebaran + 8

Published

on

Warga NU di Desa Turi Gelar Lebaran Kupatan di Hari Lebaran + 8

Rasi Fm – Ratusan warga Nahdatul Ulama di Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan menggelar lebaran kupatan dengan cara unik. Warga NU di Dukuh Joso Desa Turi menyajikan ribuan ketupat dengan cara mengikat pada seutas tali panjang yang hampir mencapai 2 kilometer di sepanjang tempat tinggal mereka. Di sepanjang ikatan ketupat tersebut warga menjajar meja dan kursi yang telah tersedia sayur dan lauk pauk. Warga yang datang dari manapun dipersilahkan untuk menyantap ketupat tersebut.
Ketua Pimpinan Cabang NU Kabuaten Magetan Masyur mengatakan, program kupatan agung merupakan ikon kampong NU di Desa Turi. Makna dari kegiatan kupatan agung adalah untuk memelihara silaturohim antara warga di kampung NU mengingat di kampong NU bukan hanya warga yang beragama Isalm saja namun dari berbagai latar beakang agama dan warga di kampong NU juga bukan semuanya merupakan anggota Nahdatul Ulama. Dengan kegiatan tersebut diharapkan silaturohim tetap terjaga meski berbeda latar belakang agama dan berbeda latar belakang organisasi keagamaan.
“Kampung NU itu bukan masyarakatnya harus NU, kita menegaskan bahwa kampung NU kita kembali ke kehidupan dimana waktu itu ada NU ada warna lainnya dikampung itu tetap guyub rukun,” ujarnya.
Ketua Pimpinan Cabang NU Kabupaten Magetan Masyur juga mengatakan sebelum pandemi covid 19 terjadi, sejumlah kampong NU lainnya seperti di Kecamatan Bendo Desa Kledokan juga memiliki tradisi megengan agung dan di Kecamatan Karasa Desa Sobontoro juga dilaksanakan tradisi maleman agung. (DmS)

Baca Juga:  Pengadilan Agama Magetan Klaim Ada Penurunan Jumlah Gugat Cerai Tahun Ini

 132 total views,  3 views today

Copyright © 2020 Rasi News | PT. RADIO SWARA SARANGAN INDAH FM