Connect with us

Ekonomi&UMKM

Tingkatkan Penetrasi UMKM di Bidang Digital, Diskominfo Magetan Gelar Pelatihan IT

Published

on

Tingkatkan Penetrasi UMKM di Bidang Digital, Diskominfo Magetan Gelar Pelatihan IT

Rasi Fm – Dinas Kominfo Kabupaten Magetan menggelar pelatihan IT bagi pelaku dan penggerak usaha mikro kecil dan menengah UMKM. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Cahaya Wijaya mengatakan, pelatihan IT diikuti oleh 70 orang dimana sebagian peserta merupakan pelaku UMKM dan sebagian lagi merupakan penggiat UMKM sebagai re seller. Melalui kegiatan Digital Scolarship diharapkan generasi muda di Kabupaten Magetan akan mampu memanfaatkan tekhnologi IT untuk membidik peluang pasar yang mampu memasarkan hasil sumber daya alam yang dihasilkan oleh UMKM di Kabupaten Magetan. Tujuan kegiatan Digital Scolarship menurutnya adalah untuk mengenalkan para pelaku UMKM mengenal lebih jauh dengan IT sehingga mereka bisa melakukan desain dan promosi melalui media digital.
“Pelatihan bagaimana memasukkan di media social dan bagaimana membuat produk menarik di media digital. Bagaimana isu berkembang disikapi, bagaimana market place, bagaimana kerjasama digital. Di tingkat dasar dia belajar bagaimana membuat iklan, bagaimana mengelola youtube dan lainnya,” ujarnya.
Cahaya menambahkan, 70 peserta yang mengikuti Digital Scolarship yang dilaksanakan di Gedung Ki Mageti dan Ruang Dinas Kominfo berasal dari 185 peserta yang mendaftar secara online. Selain dari Kabupaten Magetan, peserta juga berasal dari Kabupaten Ponorogo dan Ngawi. Selain dari para penggiat UMKM dimana mereka biasa berkreasi untuk memasarkan produk UMKM, pelatihan juga diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM di bidang kerajinan dan kuliner.
“Yang ada ini tadi pengusaha pernik, ada UMKM bikin jahe, ada produsen tepung, ada UMKM dan mikro. Banyak yang bisa membuat produk tapi kesulitan memasarkan. Tadi ada 50 yang ikut tidak punya produk tapi ingin berkecimpung dibidang UMKM, kita pertemukan itu. Ini yang mempertemukan orang yang mempunyai keahlian marketing dengan produsen. Yang pasti pelatihan ini akan membuat mereka mempunyai kecakapan digital. Saat ini dunia usaha butuh itu,” imbuhnya.
Dengan adanya 70 penggiat dan pelaku UMKM diharapkan produk dari Kabupaten Magetan akan mampu menembus pasar digital sehingga akan mampu membuka peluang pasar bagi produk UMKM di Magetan dimasa pandemic covid 19. (DmS).

Baca Juga:  Tetap Bertahan, Pembuat Kue Kering di Magetan Pilih Menipiskan Untung Ditengah Kenaikan Minyak Goreng dan Bahan Baku Kue

 1,086 total views,  3 views today