Connect with us

Budaya

Lindungi Cagar Budaya, Pemkab Magetan Akan Bangun Rintisan Museum

Published

on

Lindungi Cagar Budaya, Pemkab Magetan Akan Bangun Rintisan Museum

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan akan membangun rintisan museum untuk melindungi sejumlah benda cagar budaya yang tersebar di wilayah Kabupaten Magetan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, upaya rintisan museum dilakukan setelah sejumlah komunitas pecinta budaya di Kabupaten Magetan melakukan observasi sejumlah peninggalan situs yang berada di Magetan. Situs situs tersebut kebanyakan tidak terawat .
“Kalau rintisan museum ini hasil dari blusukan dengan penggiat budaya di Magetan. Kan kita melihat ada beberapa peninggalan situs kita yang tidak terawat dan lebih mengkhawatirkan bisa dicuri. Dari masukan teman teman ini kalau bisa dikumpulkan. Dikumpulkan ini didalam rintisan museum,” ujarnya.
Joko Trihono menambahkan, upaya penyelamatan benda cagar budaya mulai dilakukan dengan melakukan identifikasi yang melibatkan komunitas pecinta budaya di Kabupaten Magetan. Rencananya dengan adanya rintisan museum tersebut sejumlah cagar budaya yang rentan rusak dan rentan dilakukan pencurian akan diamankan di rintisan museum sambil dilakukan kajian dan pendataan.
“ Kami akan melakukan identifikasi sedetail mungkin, pemilik tanahnya mengijinkan, desanya mengijinkan, lingkungan mengijinkan itu yang akan kami tempatkan di rintisan museum yang mana nanti akan kami tuliskan ditemukan di koordinat mana di desa mana itu kami catat dan penemuan ini dijaman apa untuk kegiatan apa nanti kita resum di rintisan museum,” imbuhnya.
Sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mendapati sebuah arca penting di reruntuhan candi di Lembah Sepi Angin Kampung Wonomulyo diketahui hilang dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab pada tahun 1985. Arca tersebut merupakan salah satu arca yang bisa menjadi identifikasi bangunan candi tersebut dibangun tahun berapa oleh siapa dan apa fungsi dari candi yang berada di Desa Geni Langit tersebut. (DmS)

Baca Juga:  Lagu Wakil Rakyat Dimata Wakil Ketua DPRD Magetan, Pangayoman

 229 total views,  3 views today