Connect with us

Magetan's

Kunjungi Shelter Lansia di Magetan, Ketua DPR RI Puan Maharani Cek Kasus Stunting.

Published

on

Kunjungi Shelter Lansia di Magetan, Ketua DPR RI Puan Maharani Cek Kasus Stunting.

Rasi Fm – Ketua DPR RI Puan Maharani langsung menghampiri seorang ibu yang membawa bayinya ketika sampai di shelter lansia yang terletak di Kecamatan Karang Rejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur dalam kunjungan kerjanya. Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia tersebut langsung menanyakan kondisi bayi dan ibunya yang sebelumnya merupakan bayi dengan kasus stunting.
Puan Maharani menambahkan, angka stunting di kabupaten Magetan sudah turun 3 persen dari angka sebelumnya 20 persen dari jumlah balita yang ada di Magetan. Menurutnya permasalahan stunting di Kabupaten Magetan terjadi dikarenakan permasalahan di 1.000 hari pertama kelahiran bayi yang mengalami permasalahan klinis.
Puan Maharani juga melihat langsung keberadaan panti lansia mulia yang menampung sejumlah lansia yang sudah tidak memiliki keluarga. Puan juga menyampaikan bantuan kursi roda hingga handphone mendengar untuk tuna rungu. “ Alhamdulillah sudah ada penurunan tadinya 20 persen sekarang turun 17 persen walaupun masih cukup relative tinggi, Saya tanyakan tadi permasalahannya 1.000 hari pertama memang tidak terjaga karena masalah klinis. Kadang kadang ibunya saat hamil ada maslaah mual tidak bisa makan, tidak ada asupan makan bayinya setelah dilahirkan atau ada masalah dua duanya,” ujarnya.
Sebanyak 34 desa di 11 Kecamatan di Kabupaten Magetan, dijadikan lokus penanganan stunting oleh Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bapenas. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten menyebutkan, persentase bayi yang mengalami stunting mencapai 10,21 persen dari jumlah bayi yang menjalani timbang Posyandu. Untuk mengatasi kasus stunting di Kabupaten Magetan, Dinas Kesehatan melakukan program Poros Posyandu. Program ini melibatkan bidan desa, dokter Puskesmas, dokter spesialis anak di rumah sakit umum Dr Sayidiman Magetan serta kerja sama dengan Habibie Institut. (DmS)

Baca Juga:  Ini Alasan Bupati Magetan Menanam Pohon Ketapang di Jalur Sarangan – Cemoro Sewu

 132 total views,  3 views today