Connect with us

Magetan's

Ini Tanggapan Pemerintah Daerah Soal Sungai Tercemar Limbah Kotoran Sapi dan Plastik di Desa Pacalan.

Published

on

Ini Tanggapan Pemerintah Daerah Soal Sungai Tercemar Limbah Kotoran Sapi dan Plastik di Desa Pacalan.

Rasi Fm – Menanggapi keluhan warga terkait air sungai yang keruh dan sampah plastic di sungai Desa Pacalan Dinas Peternakan Kabupaten Magetan menurunkan tim untuk langsung mlelihat kondisi sungai. Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan, Teguh Adi Wiyono mengatakan, di lokasi Kampung Susu Lawu sendiri memang belum ada pengolahan ipal untuk pengolalan limbah kotoran sapi. Padahal keberadaan ipal sangat dibutuhkan sehingga limbah kotoran sapi tidak mencemari sungai dan mengalir ke hilir sungai.
“ Pengerjaan penanganannya mulai dari hulu di kampung susu. Bagaimana pemilhan limbah domestiknya dan limbah untuk ternak itu biasa tertangani. Ada peran masyarakat dan pemerintah. Untuk domestic kami sudah merencanakan untuk limbah terpadunya belum,” ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Magetan Nur Haryani mengatakan, dari hasil sidak ke sungai yang mengalami perubahan warna menjadi keruh, dinasnya akan memberikan pemahaman pentingnya menjaga lingkungan kepada para peternak di Kampung Susu Lawu.. Di Kampung Susu Lawu Singolangu saat ini memiliki populasi sebanyak 500 ekor sapi. Untuk mencegah pencemaran dari KOtoran sapi Dinas Peternakan mengaku telah memberikan bantuan 3 unit pengolahan limbah kotoran sapi menjadi bio gas.
“ Ternyata limbah sejauh ini, cba kita nanti akan tangnai. Coba nanti setelah ini akan kita tingkatkan lagi Mungkin kita tingkatkan kesadaran para peternak dimana mereka harusnya wajib ada pengolahan limbahnya di masing masing area kandangnya meskipun secara masing masing,” imbuhnya
Sebelumnya kepala Desa Pacalan menyayangkan sungai yang melintasi didesanya airnya berubah keruh yang disertai sampah plastic. Sungai yang tercemar tersebut menurut Agus Suharto telah berjalan lebih dari 1 tahun dan belum mendapat penangana dari instansi terkait. (DmS)

Baca Juga:  Jalur Menuju Telaga Sarangan Macet Total, Ini Kata Ketua Gugus Penaganan Covid 19

 125 total views,  6 views today