Connect with us

Ekonomi&UMKM

Tahukah Anda Jika Telur Bisa Dibuat Abon? Pengusaha di Magetan Ini Membuktikannya

Published

on

Tahukah Anda Jika Telur Bisa Dibuat Abon? Pengusaha di Magetan Ini Membuktikannya

Rasi Fm – Pengusaha di Kabupaten Magetan ini berhasil membuat produk kuliner abon dari telur. Taufik Efendi atau lebih terkenal dengan panggilan Pendik warga Desa Plumpung Kecamatan Plaosan ini mengaku jika produk abonnya 100 persen dibuat dari telur tanpa campuran apapun. Usaha abon telur sudah dia geluti sejak tahun 2008 ketika hampir seluruh peternak telur di Magetan mengalami kegagalan produk karena cangkang telur tidak mengalami kesempurnaan proses. Harga telur waktu itu juga jatuh yang membuat pengusaha telur ayam merugi.
“Cangkang telur itu semua muda, lentur, tidak tahu ada factor apa waktu itu awal awal peternak telur muncul di Magetan. Ada harga hancur, jadi telur itu tidak ada yang mau beli waktu itu, jadi banyak yang rusak dipeternak telurnya,” ujarnya.
Untuk membuat abon dari telur menurut Pendy tak semudah membuat abon dari bahan dari dari daging ayam maupun daging sapi. Pendy mengaku butuh waktu hingga 3 tahun untuk belajar mengolah telur bisa memiliki tekstur berserat seperti abon pada umumnya yang terbuat dari daging ayam maupun daging sapi. Bahkan untuk menghasilkan warna telur bisa memiliki warga seperti abon daging sapi Pendy juga membutuhkan waktu hingga 1 tahun.
“Abon ochicha ini abon yang memang pure berbahan baku dasar telur terlepas dari bumbu rempah rempahnya, untuk serat memang murni dari telur. Untuk awal awal itu bikin lucu karena kita belum menemukan system formula. Tentunya ya prengkel prengkel kayak orak arik telur pada awalnya,” ibuhnya.
Saat ini abon telur yang diberi merek dagang ochicha milik Pendy telah melanglang buana hinnga kesejumlah daerah. Untuk memasarkan produknya, Pendy mengaku lebih mudah menjangkau pembeli melalui media online, karena produk yang dia buat lebih kepada citarasa yang unik dari sebuah kuliner abon yang dibuat dari bahan telur murni. (DmS).

 76 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *