Connect with us

Politik

Sosok Gubernur Pertama Jawa TImur Soerjo Dimata Khofifah dan Emil Dardak

Published

on

Sosok Gubernur Pertama Jawa TImur Soerjo Dimata Khofifah dan Emil Dardak

Sosok Gubernur Pertama Jawa TImur Soerjo Dimata Khofifah dan Emil Dardak

Rasi Fm – Gubernur Soerjo yang merupakan Pahlawan Nasional yang menjabat Gubernur pertama di Jawa Timur 75 tahun lalu merupakan sosok pemberani. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai ziarah di makam yang terletak di Jl Salak Kabupten Magetan. Dia mengajak masyarakat mengingat dan menghormati Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo yang meninggal karena dibunuh PKI di kawasan hutan jati Kabupaten Ngawi pada tahun 1948. Sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, setiap tahun Khofifah selalu melakukan ziarah ke makam Gubernur Soerjo menjelang HUT Provinsi Jawa Timur. “ Minggu ini HUT pemprov ke 75 bersamaan dengan HUT Magetan ke 345. Kita warga Jawa Timur pandai menghormati jejak pengorbanan pahlawan untuk pemprov Jawa Timur,” ujarnya.
Khofifah menambahkan, selain ziarah ke Makam Gubernur Soerjo jelang peringatan HUT ke 75 pada 12 Oktober mendatang, Pemprov Jawa Timur juga melakukan ziarah ke makam Gubenur Muhammad Nur di Sampang Madura yang dilakukan oleh Bakorwil Pamekasan. “ Kami semua ingin memberikan penghormatan yang terbaik, warga Jawa Timur, jangan ada yang tidak memberikan penghormatan,” imbuhnya.
Sementara Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak yang mendampingi Khofifah melakukan ziarah ke makam Gubernur Soerjo mengatakan, Gubernur Soerjo yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan merupakan gubernur pemberani karena lebih memilih melawan sekutu daripada dijajah kembali sehingga meletuslah perang 10 November 1945. Menurutnya Soerjo adalah gubernur yang benar benar mempertahankan ideologi ketika PKI melakukan pemberontakan di Madiun tahun 1948. “ Beliau gugur ditangan pemberontakan yang menunjukkan beliau berjuang untuk keutuhan NKRI dan keutuhan ideologi Negara kita,” katanya.(DmS)

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *