Connect with us

Magetan's

Sidak Pasar, Pastikan Stok Tersedia

Published

on

Sidak Pasar, Pastikan Stok Tersedia

Sidak Pasar, Pastikan Stok Tersedia

Lamongan, 21 Desember 2017.

Harga sejumlah barang kebutuhan rumah tangga mulai merangkak naik jelang pergantian tahun baru. Bupati Fadeli bersama Forkopimda setempat melakukan sidak di Pasar Sidoharjo, Agen LPG dan Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan stok.

Saat di di Pasar Sidoharjo, Bupati Fadeli berdiskusi dengan sejumlah pedagang, terutama pedagang kebutuhan rumah tangga, seperti telur, cabai dan beras. Dia terlihat ditemani Kapolres AKBP Feby D.P. Hutagalung, Dandim 0812 Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, Kajari Diah Yuliastuti, Ketua DPRD Kaharudin, Wabup Kartika Hidayati, dan Sekkab Yuhronur Efendi.

“Dari hasil hasil sidak tadi, memang ada kenaikan sejumlah barang kebutuhan, namun tidak signifikan. Terpenting adalah kami akan memastikan bahwa stok tersedia,” terang Fadeli.

Karena itu selain di Pasar Sidoharjo, sidak juga dilakukan di Agen LPG dan Gudang Bulog. “Kami juga sudah mulai secara rution melaksanakan operasi pasar dengan komoditi beras, gula dan minyak goreng,” katanya menambahkan.

Menurut salah satu pedang di Pasar Sidoharjo, Bu Amal, memang ada beberapa kebutuhan pokok yang mulai naik sejak Desember lalu. “Kenaikannya tidak banyak, tapi yang penting barangnya tersedia untuk dikulak dan dijual kembali,” kata dia.

Sementara saat di Agen LPG yang berada di Jalan Pahlawan, Bupati Fadeli dan rombongan mendapat keterangan dari Sales Eksekutif LPG Pertamina Bagus Sulistyohadi bahwa stok dipastikan aman. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan penambahan pasokan, Pertamina sudah siap.

Saat di Agen LPG tersebut, sempat dilakukan random test terhadap isi tabung LPG 3 kg dengan cara ditimbang. Didapati satu tabung terisi penuh seberat 8 kg, dan satu tabung dengan berat 7,98 kilogram. Ini masih dalam batas toleransi, hanya kurang 0,02 kilogram.

Untuk stok di Gudang Bulog Lamongan, Wakil Kepala Subdivre Bulog Bojonegoro Eddy Kusuma memastikan terdapat cadangan beras hingga tiga bulan kedepan. Sehingga dipastikan masih aman.

Terkait Rastra atau Beras Sejahtera, Fadeli menegaskan kepada Bulog agar bisa menyalurkannya sejak Januari. Jangan sampai di 2018, kata dia, pendistribusiannya baru dilakukan di Bulan April.

“Distribusi yang sesuai jadwal ini penting. Karena Rastra ini adalah bagian dari program pengentasan kemiskinan,” kata Fadeli.

Dari data yang dihimpun tim Pemkab Lamongan, harga kebutuhan yang naik diantaranya beras premium. Mingggu lau, beras jenis ini dijual Rp 9 ribu perkilogram, dan minggu ini naik mejadi Rp 11 hingga 12 rupiah perkilogram.

Kemudian cabai rawit naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Sementara telur ayam ras yang minggu lau dijual Rp 22.500 perkilogram, saat ini menjadi Rp 25 ribu perkilogram.

Untuk LPG, kuota Lamongan hingga akhir tahun adalah sebesar 1.149.200 tabung atau 47.833 tabung perhari. Pertamina sudah melakukan antisipasi kelangkaan dengan menyiapkan 20 SPBU di Lamongan untuk juga melayani pembelian LPG 3 kilogram. Selain itu mereka akan tetap melakukan droping di hari libur.

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *