Connect with us

Pendidikan

Karawitan SMPN 1 Plaosan, Merawat Eksistensi Budaya Leluhur Dari Generasi Z

Published

on

Karawitan SMPN 1 Plaosan, Merawat Eksistensi Budaya Leluhur Dari Generasi Z

Rasi Fm – SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan memiliki grup karawitan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler siswa. Wartini Wakil Kesiswaan SMPN 1 Plaosan mengatakan, kegiatan karawitan merupakan salah satu bentuk upaya regenerasi seniman dalam melestarikan budaya leluhur yang saat ini mulai banyak generasi muda yang tidak mengetahui dan memainkan karawitan.

Kegiatan ekstrakurikuler karawitan dilaksanakan seminggu sekali, dimana siswa dilatih memainkan gamelan oleh pelatih yang merupakan seniman alumni SMP N 1 Plaosan. Keterlibatan seniman alumni SMPN 1 Plaosan merupakan bentuk sinergi antara sekolah dan masyarakat dalam menjaga eksistensi budaya karawitan.

Baca Juga:  Penggiat Desa Bisa Menempuh S1 Hanya 2 Tahun, Ini Kata Rektor Unesa.

“Kebetulan siswa dari desa Dadi dan Singolangu itu sudah membudaya seperti ganongan, jadi anak anak ini sudah punya dasar. Kita minta seniman disana kita gandeng dulu juga alumni disini kita kolaborasi kita punya keinginan seperti ini mereka bisa menangkap akhirnya klop,” ujarnya.

Sementara Gilang Yosi Saputra siswa kelas 7 SMPN 1 Plaosan salah satu personil karawitan mengaku senang bisa mengikuti kegiatan karawitan meski dia juga mengaku suka ngeband bersama temannya. Melalui group karawitan disekolahnya selain membawakan gending karya orang lain mereka juga membawakan gending ciptaan mereka sendiri, seperti yang dilakukan di Pandopo Suryagraha pada hari Kamis (19/01) saat menghibur para guru penggerak dalam kegiatan symposium dan wisuda.

Baca Juga:  Harga Kol Anjlog, Petani Sayur di Magetan Merugi.

“Lagu yang kita punya menceritakan tentang keindahan alam di Plaosan, aktifitas pertanian dan kita senang bisa membawakan di pentas seperti hari ini kita pentaskan untuk bapak bupati dan undangan. Pada dasarnya saya suka seni jadi selain karawitan saya juga ngeband, ” Katanya.

Baca Juga:  Dimasa Pandemi, Sejumlah Penulis Buku Masih Aktif Menghasilkan Karya.

Kelompok karawitan SMPN 1 Plaosan pernah menjadi juara 3 lomba karawitan di Kabupaten Magetan. Mereka juga sering pentas di destinasi wisata kebun bunga refugia untuk menjaga eksistensi seni karawitan. (DmS)

Berita dalam bentuk Audio Visual klik DI SINI

 913 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *