Connect with us

Magetan's

Ini Tanggapan Dispenduk Capil Magetan Terkait Terbitnya Akte Kematian Suparlan Yang Masih Bugar.

Published

on

Ini Tanggapan Dispenduk Capil Magetan Terkait Terbitnya Akte Kematian Suparlan Yang Masih Bugar.

Rasi Fm – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan memastikan jika akte kematian yang dikeluarkan atas nama Suparlan warga Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo Kabuaten Magetan sesuai dengan data yang diterima dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan Hermawan mengatakan, melalui surat dari Kementrian Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan melaksanakan peningkatan cakupan akta kematian dengan mempermudah penerbitan akte kematian berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dimasa pandemic covid 19.
Hermawan mengatakan, tingginya angka kematian pada awal tahun 2021 sangat memungkinkan terjadinya kesalahan input data, sehingga ada sebagian data tidak valid seperti yang dialami oleh Suparlan. Terkait kesalahan data seperti yang terjadi pada Suparlan, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan telah kembali mengaktifkan data kependudukan yang bersangkutan. Dengan diaktifkannya data kependudukan milik Suparlan dipastikan yang bersangkutan tidak akan mengalami permasalahan terkait data kependudukan.
“Saya ada dasar surat dari Dirjen Dukcapil tanggal 30 Agustus tahun 2021, nomornya 472.12/111406/DUKCAPIL hal nya peningkatan cakupan akte kematian. Kemudian ternyata ada beberapa dari 900 sekian ternyata salah entry. Menurut plt Dinas Kesehatan yang memang entry itu provinsi, kan memang tidak boleh Kabupaten kota merilis, kan pas tinggi tingginya angka kematian waktu itu. Mungkin terjadi orang yang seharusnya tidak meninggal dikatakan meninggal. Kalau hal itu menimbulkan tidak kenyamanan saya mohon maaf. Saya jamin setelah diaktifkan lagi datanya bisa digunakan seperti sedia kala tidak ada permasalahan layanan public apapun,” ujarnya.
Hermawan juga meminta maaf kepada masyarakat terkait adanya kekeliruan penerbitan akte kematian dimasa pandemic covid 19. Dia menghimbau kepada masyarakat yang mengalami hal yang sama seperti yang dialami Suparlan untuk segera melapor ke Dispenduk Capil Kabupaten Magetan untuk pembaharuan data. (DmS)

Baca Juga:  Nasib KIM di Magetan, Dari 235 Desa Kelurahan Hanya 4 Yang Aktif

 252 total views,  3 views today