Connect with us

Pol&Pem

Gugah Kesadaran Masyarakat Akan Produk Hukum, Pemkab Magetan Gelar Sosialisasi

Published

on

Gugah Kesadaran Masyarakat Akan Produk Hukum, Pemkab Magetan Gelar Sosialisasi

Rasi Fm – Menggugah kesadaran masyarakat akan produk hukum, Pemerintah Kabupaten Magetan melaksanakan kegiatan sosialisasi Pembinaan Keluarga Sadar Hukum. Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan Jaka Risdiyanto, S.H, M.Si mengatakan, kegiatan pembinaan keluarga sadar hukum sebenarnya sudah dilakukan sejak Bulan Oktober sampai dengan November 2021 lalu. “Kegiatannya telah dilaksanakan dari Oktober sampai November di 9 desa, yaitu Desa Sidokerto, Desa Rejomulyo, Desa Tamanarum, Desa Mojorejo, Desa Geplak, Desa Simbatan, Desa Pandeyan, Desa Sombo dan Desa Blaran, ” Ujarnya.
Jaka Risdiyanto menambahkan, untuk memberikan materi kepada para peserta dihadirkan narasumber dari Sekretaris Daerah dengan materi PPKM Mikro dalam penanganan Covid 19. Kegiatan sosialisasi juga menghadirkan Kepolisian Resort Magetan dengan Materi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika beserta perubahannya. “Kita menghadirkan pemateri dari lintas sektoral seperti dari internal sekretariat daerah kemudian dari kepolisian terkait undang-undang narkotika, ” Imbuhnya.
Untuk memahamkan terkait aspek hukum terhadap pengelolaan anggaran desa Ssekretariat daerah juga menghadirkan Kejaksaan Negeri Magetan dengan materi aspek hukum pengelolaan dana desa. Camat juga hadir memberikan materi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sebagai bekal masyarakat yang memahami peran masyarakat dalam menciptakan kondisi tertib di lingkungan. “Camat setempat juga kita hadirkan sebagai pemateri dengan materi ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, ” Katanya.
Dalam kegiatan sosialisasi juga menghadirkan Bagian Hukum dengan materi, aperan serta masyarakat dalam penyusunan produk Hukum di Desa. Dengan peserta pelatihan yang terdiri dari masyarakat desa, perangkat desa, unsur BPD, unsur LPM serta unsur tokoh masyarakat akan menjadi bekal kedepan agar masyarakat memahami produk hukum sehingga tercipta ketertiban masyarakat. “Kegiatan tersebut mendapat respon yang positif dan antusias dari warga desa setempat. Mereka dengan seksama dan tertib mengikuti materi yang diberikan oleh narasumber, ” pungkasnya. (DmS)

Baca Juga:  Lawan Covid 19 Gugus Tugas Kabupaten Magetan Kesulitan Cartridge Untuk Melakukan Pemeriksaan .

 192 total views,  3 views today