Connect with us

Pol&Pem

Dana Insentif Daerah Turun, DPRD Kabupaten Magetan Sarankan Pemerintah Daerah Untuk Peningkatan SDM dan Refreshing Jajaran ASN.

Published

on

Dana Insentif Daerah Turun, DPRD Kabupaten Magetan Sarankan Pemerintah Daerah Untuk Peningkatan SDM dan Refreshing Jajaran ASN.

Rasi Fm – DPRD Kabupaten Magetan soroti turunnya besaran Dana Insentif Daerah (DID) yang diterima pemerintah Kabupaten Magetan dibandingkan tahun 2021 lalu. Anggota DPRD Kabupaten Magetan Joko Suyono mengatakan, turunnya anggaran DID yang merupakan reward yang diberikan pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah dikarenakan sejumlah permasalahan diantaranya sumber daya manusia. Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Magetan menerima anggaran DID sebesar Rp 24 miliar rupiah jauh menurun dibandingkan penerimaan anggaran DID tahun 2021 yang mencapai Rp48 miliar.
“Pemberian reward dari pemerintah pusat kepada daerah ini mendasar kepada kinerja. Jadi tahun 2021 kemarin 48 milar turun drastic di tahun 2022 menjadi 24 itu artinya turun separuh. Artinya capaian kinerja baik tujuan maupun sasaran dari pemerintah dearah tahun ini jauh menurun,” ujarnya.
Dengan turunnya penerimaan anggaran DID menurut politisi PDIP tersebut menyarankan kepada pemerintah daerah untuk melakukan penyegaran dan peningkatan sumber daya manusia di jajaran aparatur sipil negara. Sejumlah faktor seperti lamanya ASN menjabat di instansi tertentu menurutnya membuat SDM tersebut tidak berkembang karena merasa berada di zona nyaman.
“Ini mestinya kepala daerah mencoba, kalau perlu SDM dirolling. Karena jika seorang pegawai bekerja sudah lama bahkan ada yang 10 tahun lebih ini mereka hanya merasa nyaman saja tidak ada inovatif atau support apa,” imbuhnya.
Dana Insentif Daerah (DID) adalah anggaran yang dialokasikan dalam APBN dengan tujuan untuk memberikan penghargaan (reward) kepada provinsi dan kabupaten/kota yang mempunyai kinerja baik dalam bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan pemerintahan umum, pelayanan dasar publik, dan kesejahteraan masyarakat. (ADV)

Baca Juga:  Disparbud Magetan Akan Laksanakan Standar CHSE, Pelaku Wisata dan Pengunjung Harus Memiliki Sertifikat Vaksin Covid 19

 173 total views,  6 views today