Connect with us

News

Berusia 3 tahun, Mal Pelayanan Publik Magetan Akan Tambah Jenis Pelayanan Pengurusan SIM Dan Targetkan Pelayanan Online.

Published

on

Berusia 3 tahun, Mal Pelayanan Publik Magetan Akan Tambah Jenis Pelayanan Pengurusan SIM Dan Targetkan Pelayanan Online.

Rasi Fm – Mall Pelayanan Publik MPP di Pasar Baru Kabupaten Magetan berulang tahun yang ke 3 di awal tahun 2023 ini. Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Magetan, Sunarti Condrowati mengatakan, di hari ulang tahun yang ke 3 rencananya akan ada penambahan fasilitas pengurusan perijinan di MPP berupa pengurusan sim dan pengoperasian pojok baca. Saat ini MPP melayani 278 jenis layanan sementara instansi yang membuka pelayanan di 37 loket di MPP sebanyak 29 instansi.

“Ini juga harapan pemerintah ya semakin tahun semakin tidak meningkat tapi semakin menurun karena pelayan kita sudah terkombinasi dengan digital. Jadi bisa langsung online dari rumah tidak harus datang ke MPP, tetapi prinsipnya masih tinggi masih 250 perhari,” ujarnya di Mall Pelayanan Publik Senin (16/01/2023).

Baca Juga:  Pelaksanaan Pelantikan Perangkat Desa Bedagung Tergantung Kades.

Sunarti Condrowati menambahkan, tahun ini MPP mendapat predikat pelayanan prima dari Kemenpan RB. MPP sendiri rencananya akan menggabung pelayanan masyarakat dari seluruh dinas di Magetan yang telah memiliki pelayana secara online sehingga nantinya akan semakin mempermudah pelayanan masyarakat di MPP dan pelaksanaan layanan telah terintegrasi melalui aplikasi.

“On line sebenarnya sudah ada, dalam artian masing masing instansi sudah punya aplikasi ini rencananya akan kita gabung di MPP, ini masih kita proses, Instansi kita kan tidak hanya OPD, kalau OPD sentralnya di Kominfo bisa tetapi dengan instansi lain juga perlu koordinasi lebih lanjut,” imbuhnya.
Sementara Bupati Magetan Suprawoto yang mempimpin upacara apel pagi di depan Pasar Baru Magetan mengatakan, pihaknya berharap MPP merupakan pelayanan masyarakat milik semua instansi yang ada di Magetan, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan maksimal. Pelayanan public saat ini sudah mulai bergeser kearah digitalisasi, sehingga MPP diharapkan juga akan melakukan digitalisasi pelayanan.

Baca Juga:  Tangani PMK Pemkab Magetan Dapat Bantuan Dari Mahasiswa Peternakan Yang KKN Tematik.

“Dengan menteri baru pak Anas ini harus digital. Hukum di era digital ini ada 3, satu kecepatan, siapa yang tidak cepat akan tergilas, yang kedua networking, yang ketiga efisien. Tekhnologi itu membuat efisien,” katanya.

Baca Juga:  Diduga Kurang Perawatan di Musim Kemarau, Puluhan Pohon Beringin Usia 13 Tahun di Ruang Terbuka Hijau Yang Ditanam Pejabat Magetan Mengering dan Mati.

Hari ini pemerintah Kabupaten Magetan menggelar apel pagi dalam rangka peringatan HUT ke 3 MPP yang diresmikan pertama kali pada 15 Januari tahun 2020. Pada awalnya pendirian MPP sempat terkendala ijin dari kementrian karena didirikan berbaur dengan pasar. Namun dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada public dan mendongkrak perekonomian pasar membuat kementrian memberikan ijin beroperasinya MPP diatas pasar baru. (adv)

Berita dalam bentuk audio visual klik di sini

 687 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *