Connect with us

Magetan's

Tanggul Penahan Longsor Kali Gandong Ambles Dinas PU Magetan Sebut Terjadi Displacement.

Published

on

Tanggul Penahan Longsor Kali Gandong Ambles Dinas PU Magetan Sebut Terjadi Displacement.

Rasi Fm – Bangunan penahan longsor Sungai Gandong di Kabupaten Magetan, yang berada di Jl Thamrin ambles hingga 2 meter. Amblesnya bangunan penahan longsor setinggi 20 meter tersebut menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan Muchtar Wahid dikarenakan terjadi displacement, pergerakan konstruksi ke arah vertical dan horizontal. Pergerakan tersebut menurut Muchtar dikarenakan struktur tanah, beban yang terjadi dan konstruksi yang ada, ada banyak faktor terjadinya displacement.
Muchtar Wahid menambahkan, ada 2 trap yang mengalami ambles dari bangunan penahan longsor Kali Gandong. Amblesnya 2 trap tersebut menurutnya dikarenakan masih labilnya tanah urug yang digunakan untuk menimbun proyek mengalami pemadatan serta hujan deras yang turun beberapa bulan terkahir turut mempengaruhi struktur tanah.
Diperkirakan penurunan bangunan cor penahan longsor Kali Gandong masih akan terjadi mengingat tanah uruk yang digunakan untuk pembangunan cor siring penahan longsor masih akan terjadi pergerakan penurunan. Muchtar Wahid memastikan 2 trap yang dibawah masih aman untuk menahan banjir Kali Gandong.
“Kalau tinggi 20 meter panjang 10 meter beban per meter tekanan tanah ke samping talud ini 200 ton, terus adanya urukan yang mengalami pemadatan dan hujan masuk. Konstruksi trap 1 dan 2 ini masih stabil karena ditanah asli dan ada pancang. Untuk trap 3 dan 4 harus ada perbaikan,” ujarnya.
Dinas PUPR mengaku telah melakukan koordinasi dengan BBWS DAS Solo selaku pemangku kewenangan terhadap bangunan penahan longsor Kali Gandong. Dari sisi tanggung jawab pelaksana pembangunan siring penahan longsor Kali Gandong telah selesai atau P2, namun dari hasil tinjauan BBWS berjanji akan memperbaiki kerusakan tersebut. (DmS)

Baca Juga:  Ini Kondisi Bendung Selotinatah Setelah Diterjang Banjir.

 113 total views,  3 views today