Connect with us

Olahraga&Kes

Satu Pasien Gagal Ginjal Akut Magetan Yang Dirawat di RS Sarjito Yogyakarta Membaik

Published

on

Dinas Kesehatan Magetan Pastikan Penanganan Kasus Stunting Capai Target.

Rasi fm – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan memastikan pasien gagal ginjal akut berusia 7 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta kondisinya mulai membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Rohmat Hidayat mengatakan, mesti dipastikan membaik namun belum diketahui penyebab pasti hagal ginjal akut yag diderita pasien.

“Informasi terakhir masih dirawat di Rumah sakit Sarjito, kondisinya mulai membaik. Diagnosanya gangguan gagal ginjal akut progresif antipikal itu, kenapa disebut antipikal karena belum diketahui penyebabnya,” ujarnya.

Baca Juga:  PMK Mulai Serang Sapi Perah, Pemkab Magetan Akan Prioritaskan Vaksinasi.

Rohmat Hidayat menambahkan, saat ini pemerintah telah mengeluarkan daftar obat dalam bentuk cair maupun sirup yang bisa dibeli oleh masyarakat, namun pihaknya menghimbau warga yang memiliki anak sakit untuk terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga:  Dikelola BUM Des, Warga Desa Gebyog Bisa Dapatkan Gas LPG 3 Kilogram Rp 16.000

Dia juga menghimbau kepada toko obat maupun apotik untuk mentaati himbauan pemerintah terkait penjualan obat dalam bentuk cair maupun sirup yang masih dalam daftar tidak boleh diresepkan maupun dijual.

“Menghimbau kepada seluruh penjual dan tenaga kesehatan untuk tetap berhati hati dalam pengunaan obat sirup. Saat ini sudah ada edaran yang memperbolehkan obat tertentu untuk diresepkan, masyarakat yang sakit periksa ke tenaga kesehatan jangan mengobati diri sendiri. Dan apotik untuk tidak menjual obat yang dilarang dijual bebas,” imbuhnya. (DmS)

Baca Juga:  Matikan Lampu di Sawah, Ini Saran Dinas Pertanian Kepada Petani Hadapi Ancaman Serangan Hama Wereng.

 156 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *