Connect with us

Magetan's

Bukit Jaddih, Berwisata di Sisa Tambang Kapur Madura

Published

on

Rasifm
Rasifm

Photos : Google

Bukit Jaddih, Berwisata di Sisa Tambang Kapur Madura Belakangan ini Pulau Madura, mulai ramai dibicarakan oleh para wisatawan, karena memiliki primadona wisata baru yang cukup menarik dikunjungi, yakni Bukit Kapur Jaddih.

✅Semenarik apakah wisata tersebut?

Sulit rasanya membayangkan jika bekas tambang kapur bisa menjadi destinasi wisata yang layak untuk kita datangi. Akan tetapi hal tersebut nyata adanya jika kita berkunjung ke Bukit Kapur Jaddih di Bangkalan, Madura ini. Lokasi yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat penambangan ini, sekarang menjadi salah satu obyek wisata baru yang cukup ramai dikujungi wisatawan. Sejatinya, bukit penambangan batu kapur putih ini bukan ditujukan sebagai lokasi wisata. Bahkan tidak diperuntukan untuk umum. Namun lama kelamaan beralih fungsi menjadi lokasi wisata. Tapi pada dasarnya lokasi ini dikhususkan untuk penambangan batu kapur. Setiap harinya masih ada banyak truk-truk dan sejumlah alat berat yang melintas mengangkut kapur-kapur di Bukit Jaddih ini.

Baca Juga:  Effisiensi Tenaga Kerja dan Tekan Kehilangan hasil Panen, Dinas Pertanian Dapat Bantuan Mesin Panen Dari Kementrian.

Awalnya tentu saja tak banyak orang yang tertarik untuk datang ke sini. Akan tetapi, dengan pemandangan yang ditawarkan, ternyata membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke pertambangan di Bukit Jaddih ini. Aktivitas yang dilakukan para penambang di sini membuat penampakan bukit kapur tersebut menjadi pola-pola tertentu yang begitu indah. Sayangnya, akses menuju ke Bukit Kapur Jadddih ini cukup sulit dan terjal. Meski begitu, hal tersebut langsung terbayar ketika sampai di tempat ini. Pemandangan yang ditawarkan di Bukit Kapur Jaddih memang menjadi obyek yang menarik bagi penggemar fotografi.

Baca Juga:  Tahun Ini Pemkab Magetan Anggarkan 25 Milyar Untuk Penanganan Covid19

Sisa-sisa penambangan batu kapur membentuk pemandangan yang begitu menakjubkan. Bukit-bukit sisa penambangan ini tidak hanya menampilkan pahatan dan ukiran. Namun seperti membentuk sejumlah gua-gua kecil yang begitu menarik. Dengan semakin seringnya aktivitas penambangan yang ada di Bukit Jaddih, bukan tidak mungkin jika lama-kelamaan tempat ini akan menjadi seperti sebuah kawah. Namun tidak semua bagian di bukit tersebut kering kerontang. Karena ada juga beberapa bagian bukit yang dipenuhi dengan tetumbuhan hijau yang cukup menyejukkan. Jadi setelah berpanas-panasan bisa juga untuk menikmati sejuknya hembusan angin di bagian yang memiliki pepohonan lebat ini.

Baca Juga:  Besok, Mall Pelayanan Publik akan Difungsikan

Dari puncak Bukit Jaddih kita bisa melihat keindahan Pulau Madura secara keseluruhan. Selain itu hal lain yang dapat dilakukan di area ini adalah bersantai sambil menikmati hamparan bukit hijau yang luas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Jaddih ini adalah pagi hari dan sore hari. Sebab, pada siang hari cuaca sangat terik, sehingga mengharuskan kita untuk memakai kacamata, topi ataupun sunblock. Bukit Jaddih juga menawarkan wisata sejarah, loh! Di area ini juga terdapat bunker bekas peninggalan Belanda yang berada tak jauh dari lokasi Bukit Jaddih.

Menarik bukan?

Sumber : TravelingYuk.com

 223 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *