Connect with us

Lifestyle

Trancam, Salad Penambah Nafsu Makan Ayam Kampung Goreng Mbok Bejo dari Magetan.

Published

on

Trancam, Salad Penambah Nafsu Makan Ayam Kampung Goreng Mbok Bejo dari Magetan.

RASI FM – Di Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan terdapat kuliner legendaris ayam goreng kampung yang di goreng garing, crispy dengan citarasa gurih. Warung sederhana tersebut milik Bu Bejo yang telah berjualan ayam kampung goreng sejak 40 tahun lalu.

“ Ibu jualan sudah 40 tahun dan menggoreng sendiri ayamnya, saya hanya membantu,” ujar Jumilah salah satu anak Mbok Bejo Selasa (04/03/2023).

Gurihnya ayam kampung goreng Mbok Bejo menurut Jumilah karena pemilihan bahan baku ayam kampung yang segar serta penggunaan bumbu alami seperti kunyit, laos, ketumbar dan bumbu rempah lainnya.

“ Kita pilihnya ayam kampung yang segar, yang baru disembelih kemudian kita bersihkan dan langsung dimasak hari itu juga. Untuk bumbu kita juga menjaga menggunakan bumbu alami yang kita gongso yang kemudian dicampur dengan ayamnya sebelum kita goreng sehingga benar benar meresap,”imbuhnya.

Baca Juga:  Keluarga Kuat Memilih Merawat Dirumah Keluarganya Yang Sakit Karena Takut Covid

Salad trancam penambah nafsu makan
Selain bahan ayam kampung pilihan dan bumbu alami, kelebihan menu ayam kampung goreng Mbok Bejo dibandingkan dengan menu ayam kampung goreng ditempat lainnya adalah adanya salat atau lalapan yang disebut trancam. Trancam merupakan perpaduan sayuran antara irisan kol, mentimun, daun kenikir serta petai cina. Perpaduan sayur tersebut kemudian dicampur dengan sambal kelapa yang menguatkan ras gurih dan pedas pada sajian ayam kampung goreng Mbo Bejo.

“Trancam itu fungsinya seperti penambah nafsu makan, dari campuran sayuran dan sambal kelapa yang menguatkan rasa gurih pada ayam kampung goreng kami,” kata Jumilah.

Baca Juga:  BPN Magetan Targetkan 11.000 Hektar Lahan Belum Bersertifikat Tahun Ini.

Salad trancam menurut Jumilah merupakan resep turun temurun yang dijaga keasliannya oleh ibunya hingga saat ini. Penggunaan daun kenikir menurutnya tidak ada di tempat lain.

“Selain sebagai lalapan, daun kenikir juga mempunyai banyak manfaat seperti mengatur gula darah, menurunkan tekanan darah dan memperlancar pencernaan. Ini ternyata dipahami oleh kakek buyut kami. Makanya kita jaga menu tersebut sampai saat ini,” ujarnya.

Setiap hari Warung Sederhana Mbok Bejo menghabiskan tak kurang dari 20 ekor ayam kampung atau lebih dari 80 porsi. Satu porsi ayam kampung goreng Mbok Bejo yang terdiri dari nasi, ayam goreng, lalapan atau trancam dan sambal bawang hanya seharga Rp 28.000.

Baca Juga:  Mengenal Mbah Sungkowo Yang Lahir dan Tinggal di Bantaran Kali Gandong, Saksi Longsornya Makam Ki Mageti.

“Kalau hari biasa menghabiskan sekitar 20 ekor ayam, kalau hari libur dan hari raya biasanya bisa dua kali lipat atau tiga kali lipat,” ucap Jamilah.

Yunita (23) salah satu warga Magetan yang menjadi pelanggan Mbok Bejo mengaku sudah menyukai ayam kampung goreng Mbok Bejo sejak sekolah SMA. Dia mengaku rasa ayam kampung goreng Mbok Bejo adalah otentik dan sangat nyambung dengan trancam.

“Saya belum pernah menemukan trancam itu di menu ayam goreng manapun. Yang pasti ayam goreng Mbok Bejo ini rasa asli ayam kampungnya terasa banget,” ujarnya. (DmS)

Berita dalam Bentuk Audio Visual Klik DISINI

 1,334 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *