Connect with us

Ekonomi

Sulit Pasokan, Harga Tomat di Magetan Tembus Rp 30 Ribu.

Published

on

Sulit Pasokan, Harga Tomat di Magetan Tembus Rp 30 Ribu.

RASI FM – Harga sejumlah sayuran di Pasar Sayur Kabupaten Magetan di Bulan Ramadan kembali merangkak naik. Kenaikan paling tinggi terjadi pada komoditas sayuran tomat yang mencapai Rp 30.000 perkilogram. Bandi salah satu pedagang tomat di pasar sayur Magetan mengatakan, kenaikan terjadi sejak sepekan terkahir.

Baca Juga:  Pedagang Ayam di Pasar Sayur Magetan Keluhkan Sepi Pembeli, Kalah Harga Dengan Pedagang Ayam di Pinggir Jalan.

”Sudah sejak puasa tomat naik,kalau pembelian biasa saja. Seakrnag Rp 28 sampai Rp 30.000,” ujarnya.

Bandi menambahkan, kenaikan harga komoditas tomat dikarenakan sulitnya mendapatkan pasokan tomat karena petani di Kabupaten Magetan mengalami gagal panen tomat di cuaca ekstren hujan deras disertai angin kencang. Untuk mencukupi kebutuhan pasar pedagang sayur di Pasar Sayur Magetan mendatangkan dari Kabupaten Kediri serta sejumlah Kabupaten dari Jawa Tengah.

Baca Juga:  Pacu PKL Berkembang Dimasa Pandemi Melandai, Pemkab Magetan Bantu Gerobag Dagangan dan Perlengkapannya.

”Sulit pasokan karena petani disini jarang gagal panen kalau ada nggak mencukupi. Kita mendatangkan dari Kediri atau Jawa Tengah untuk mencukupi pasar,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dimasa Pandemi Bea Cukai Madiun Laporkan Kenaikan Pemasukan Cukai

Selain tomat sejumlah komoditas sayuran lainnya juga mengalami kenaikan harga bervariasi seperti daun bawang yang naik Rp 20.000, kobis, wortel, buncis kacang panjang mengalami kenaiaknbervariasi antara 2 hingga 3 ribu rupiah. (DmS)

 161 total views,  3 views today