Connect with us

Hukum & Kriminal

Kades Ngariboyo Dipastikan Pelaku Tunggal Dugaan Kasus Korupsi DD Tahun 2019 Yang Rugikan Negara Rp 209 Juta.

Published

on

Kades Ngariboyo Dipastikan Pelaku Tunggal Dugaan Kasus Korupsi DD Tahun 2019 Yang Rugikan Negara Rp 209 Juta.

RASI FM – Kejaksaan Negeri Kabupaten Magetan memastikan Kepala Desa Ngariboyo merupakan pelaku tunggal dalam dugaan kasus korupsi Dana Desa tahun 2019 dengan nilai kerugian negara mencapai lebih dari Rp 209 juta. Kasi Intel Kejaksaan Negeri Magetan Moh Andi Sofyan mengatakan, tersangka langsung mengambil uang Rp 209 juta yang rencananya digunakan untuk membangun gedung serbaguna, namun dalam pelaksanaannya tidak ada kegiatan pembangunan gedung serbaguna. Untuk mengelabuhi laporan keuangan, Kepala Desa Ngariboyo membuat sendiri kwitansi pemesanan material dan alat berat.

Baca Juga:  60 Kekosongan Kepala Sekolah SD di Magetan Akan Diisi Oleh Guru Penggerak.

“Si tersangka ini berdiri sendiri, berbuat sendiri pada saat prosedurnya itu uang untuk pembangunan diambil seluruhnya oleh tersangka, 20 juta rupiah dengan merekayasa nota fiktif seperti nota pembelian tanah uruk pembelian material, sewa alat berat. Tersangka ini membuat sendiri stempel,” ujarnya.

Moh Andi Sofyan menambahkan, Sumadi yang ditahan di Lapas Magetan pasca ditetapkan sebagai tersangka pada pada hari Rabu (8/5) lalu saat ini mengajukan penangguhan penahanan. Kejari saat ini belum memberikan keputusan terkait permohonan penangguhan penahanan tersangka. Saat ini Kejaksaan Negeri Kabupaten Magetan akan meminta keterangan kembali kepada 22 orang saksi untuk memastikan kronologis dugaan tindak pidana koruspi pembangunan gedung serbaguna di Desa Ngariboyo.

Baca Juga:  Longsor Jalur Telaga Sarangan Tewaskan Anak Umur 7 Tahun.

”Hari senin sudah diajukan permohonannya, belum dianalisis sama penyidik, sudah menyampaikan kepada Pak Kajari. Terkait dikabulkan atau tidak kita tunggu saja, itu sah sah saja untuk diajukan. Hari kamis nanti kita panggil kembali saksi saksi yang pernah kita periksa mungkin nanti ada fakta baru mungkin kemarin masih ada yang takut nutup nutupi nanti kita panggil sama penyidik,” imbuhnya.

Baca Juga:  11 Kali Nyuri Kotak Amal, Kuli Bangunan di Magetan Tertangkap Karena Foto Tak Sengaja Takmir Masjid.

Sebelumnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Magetan menetapkan Kepala Desa Ngariboyo, Kecamatan Ngariboyo sebagai tersangka dugaan kasus korupsi anggaran Dana Desa APBDes tahun 2018-2019 dalam proyek pembangunan gedung serbaguna. Dari hasil audit inspektorat Kabupaten Magetan ditemukan adanya kerugian negara sebanyak Rp 209.642.700 juta. (DmS)

 56 total views,  3 views today