Connect with us

HUMANIS

Program Home Care Dinsos Magetan, Ajak Warga Lebih Peduli Dengan Kebutuhan Interaksi Sosial Lansia

Published

on

Program Home Care Dinsos Magetan, Ajak Warga Lebih Peduli Dengan Kebutuhan Interaksi Sosial Lansia

Rasi Fm – Mengajak lebih peduli dengan keberadaan orang lanjut usia yang hidup sendiri Dinas Sosial Kabupaten Magetan kembali menggelar kegiatan Home Care. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, kegiatan home care merupakan kegiatan dari Kementerian Sosial untuk lebih peduli dengan keberadaan lansia yang hidup sendiri dengan mempererat jalinan hubungan sosial kemasyarakatan.
“ Ini adalah salah satu program dari kemensos untuk memberikan pelayanan kepada lansia, jadi lansia itu butuh perhatian dari warga sekitarnya yang selama ini tidak pernah dikunjungi. Kalau dikunjungi kan seneng dan bergembira,” ujarnya.
Yayuk menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah kepala Desa Belotan yang telah membangunkan fasilitas rumah layak huni bagi lansia serta kepedulian terhadap kebutuhan lansia dengan menyalurkan bantuan kebutuhan hidup sehari hari dari pemerintah . Program Home Care yang dilakukan di Desa Belotan selain membersihkan lingkungan rumah juga memberikan layanan kebersihan dan kebutuhan sanitasi seperti mandi, memotong rambut serta kuku. Dengan program home care diharapkan masyarakat akan lebih peduli dengan kebutuhan interaksi sosial bagi lansia yang tinggal sendiri. Karena selain kebutuhan pokok sehari hari dengan adanya interaksi sosial dengan masyarakat kehidupan lansia diharapkan akan lebih baik.
“Disitu tinggal sendiri, rumah itupun yang membikinkan pak lurah, kontribusi desa luar biasa. Para relawan monggo disambangi, disambangi saja mereka sudah luar biasa, nangis nangis mereka,” imbuhnya.
Program home care Dinas Sosial Magetan yang dilakukan di Kecamatan Bendo merupakan program ke 3 dimana sebelumnya program home care dilakukan di Kecamatan Maospati dan Kecamatan Kartoharjo. Melalui program home care diharapkan kesejahteraan lansia bisa semakin meningkat. (DmS).

 112 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *