Connect with us

HUMANIS

“Home Care” Cara Dinas Sosial Magetan Mengajak Warga Peduli Dengan Lansia

Published

on

“Home Care” Cara Dinas Sosial Magetan Mengajak Warga Peduli Dengan Lansia

Rasi Fm – Dinas Sosial Kabupaten Magetan menggelar kegiatan home care di sejumlah titik. Kepala DInas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, home care merupakan program yang dilaksanakan dinas sosial menggandeng sejumlah relawan, masyarakat dan perangkat pemerintahan kecamatan dan desa untuk melakukan aksi sosial membantu warga lansia yang kurang mendapat perhatian dengan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dan memerikan layanan bersih diri bagi lansia yang kurang terawat.
“ Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pilar-pilar sosial salah satu kegiatannya untuk bersih dengan lansia. Jadi seorang lansia itu dirumah sendiri, jadi pilar pilar tu selain membersihkan lingkungan juga membersihkan orangnya,” ujarnya.
Yayuk menambahkan, melalui kegiatan home care yang dilaksanakan dinas sosial diharapan seluruh elemen masyarakat akan tergerak melakukan hal yang sama sehingga lansia yang membutuhkan perhatian karena tinggal sendirian bisa mendapatkan perhatian dari warag sekitar. Lansia di Kabupaten Magetan dari data Dinas Sosial diperkirakan mencapai 1.500 orang dengan berbagai permasalahan yang mereka hadapi.
“Home care itu berarti kita suda membantu warga yang mungkin selama ini tidak tertangani dengan baik, dan nanti kalau sudah seperti nantikami berharap dari pihak kecamatan yang bisa menerukan. Selain itu kami bisa membantu tetapi sekali lagi itu tdak bisa dilakukan oleh insan sosial. Kami berharapnya dari pihak kecamatan ke bawah tu kan bisa melakukan hal yang sama,” imbuhnya.
Selain membersihkan lingkungan di tempat tinggal lansia yang hidup sendiri serta memberikan bantuan kepada lansia untu mebersihkan diri, program home care juga akan memberikan bantuan kursi roda, kebutuhan sembakidan memberikan bantuan program kesehatan kepada lansia yang hidup sendiri. (DmS).

Baca Juga:  Mengenal Tas Belanja Pak Wiji, Penyandang Disabilitas Dari Desa Tawangrejo Lembeyan

 169 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *