Connect with us

Kesehatan & OlahRaga

Peresmian Klinik Psikiatri, DPRD Magetan ODGJ Kurang Mampu Harus Diperhatikan.

Published

on

Peresmian Klinik Psikiatri, DPRD Magetan ODGJ Kurang Mampu Harus Diperhatikan.

RASI FM – DPRD Kabupaten Magetan meminta RSUD Sayidiman Magetan memperhatikan orang dengan gangguan jiwa dari keluarga yang kurang mampu dalam louncing operasional Klinik Psikiatri. Ketua DPRD Kabupaten Magetan Sujatno mengatakan, dengan beroperasinya klinik psikiatri patut diapresiasi karena warga Magetan yang membutuhkan layanan pemeriksaan kejiwaan tidak harus keluar kota. klinik psikiatri saat ini juga dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan untuk pendaftaran bacaleg ke KPU.

”Kemarin masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan itu harus keluar kota dengan louncing klinik psikiatri masyarakat tidak perlu ke luar kota. Kita apresiasi ini bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah daerah melalui klinik ini untuk rakyat Magetan. Untuk maju sebagai caleg ada tes kejiwaannya dan kemarin kita dilayani di RSUD Magetan sebelumnya harus ke Ngawi dan madiun.,” ujarnya.

Baca Juga:  Bertemu Mario, Bupati Magetan Ceritakan Pembangunan Sirkuit di Magetan masih Proses

Sujatno menambahkan, dengan adanya data 1.296 dengan 8 odgj yang harus dipasung karena mengalami gangguan kejiwaan yang parah harus mendapat perhatian dari RSUD Sayidiman. Dia memastikan ODGJ dari warga yang tidak mampu bisa dibantu pembiayaan pengobatannya di Klinik Psikiatri RSUD Sayidiman Magetan melalui bantuan social individu.

Baca Juga:  Pemkab Magetan Siap Gelar Pilkades Serentak di 30 Desa Menggunakan E Voting Tahun Ini

“Selain BPJS ada juga kita siapkan bantuan social individu, kalau dulu SKTM bagi masyarakat miskin yang belum tercover BPJS bisa dibantu pemerintah daerah. Masyarakat bisa memanfaatkan itu, kemarin jadi perhatian dalam pembahasan anggaran karena masyarakat miskin itu jadi perhatian kita,” imbuhnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Magetan, mulai mengoperasikan klinik psikiatri untuk menangani pasien gangguan jiwa pada hari Senin (18/09). Bupati Magetan Suprawoto yang membuka langsung klinik mengatakan, pembukaan klinik psikiatri dimaksudkan untuk memberikan pelayanan layanan kejiwaan bagi seluruh masyarakat mengingat sebelumnya masyarakat harus keluar kota seperti Kabupaten Ngawi, Solo maupaun Sidoarjo untuk mendapatkan layanan psikiatri.

Baca Juga:  Puluhan Warga Desa Banjarejo Mual, Pusing dan Diare, Diduga Keracunan Makanan

Klinik Psikiatri memiliki kapasitas 14 tempat tidur untuk pelayanan pasien akut dan sub akut yang digunakan untuk rawat inap dengan 2 dokter spesialis kejiwaam dan 12 tenaga perawat. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 348 total views,  3 views today