Connect with us

Hukum & Kriminal

Pembuat Konten Video Viral Perusakan Motor di Magetan Dilaporkan Polisi.

Published

on

Pembuat Konten Video Viral Perusakan Motor di Magetan Dilaporkan Polisi.

RASI FM – Pemilik akun IG Lek_Dahlan yang memposting video viral seorang remaja yang melakukan pengerusakan sepeda motor miliknya sendiri di depan sebuah diler di Kabupaten Magetan. Jawa Timur dilaporkan ke Polisi oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara (LPKN) DPD Jawa Timur. Direktur LPKN DPD Jawa Timur Gunadi mengatakan, pihaknya melaporkan pemilik akun IG Lek_Dahlan karena postingan video remaja merusak motor yang viral tersebut diduga melanggar hukum.

”Kami melaporkan adanya konten yang diduga ada tindak pidana Undang-undang ITE, perlindungan anak dan perlindungan konsumen, ” ujarnya ditemui di Polres Magetan Selasa (30/05/2023).

Video yang berdurasi 1 menit 2 detik tersebut menurut Gunadi cenderung mengajarkan perbuatan amoral, melanggar norma aturan dan melanggar adab.

Baca Juga:  Cerita Marwan Tentang Tradisi Ziarah Makam Ronggo Galih, Pejabat Datang Secara Sembunyi Sembunyi dan Menyamar.

“Yang kami takutkan keviralan ini akan diadopsi atau dikloning oleh anak muda, karena sesuatu yang viral apabila dibiarkan dan ada pembenaran masyarakat itu cenderung akan ditirukan,” imbuhnya.

Sementara Kepala bidang hukum dan sengketa, LPKN DPD Jawa Timur , Ahmad Setiawan menuding postingan video viral tersebut diduga telah melanggar pasal 45 huruf A Undang-Undang (UU) Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, pasal 76 C UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Framing disitu menyebutkan kalau tidak trail tidak bolo. Artinya bisa merendahkan produk lain, ini undang undang perlindungan konsumen masuk,” katanya.

Baca Juga:  Masih Ada Syarat Yang harus Dipenuhi Kejaksaan, Inspektorat Kabupaten Magetan Belum Menghitung Kerugian Negara Dugaan Korupsi Dana Desa di Ngariboyo.

Konten tersebut menurut Ahmad Setiawan juga merupakan pembohongan publik karena tidak menyajikan realita dari sebuah peristiwa. Konten tersebut juga tidak menyebutkan jika video tersebut adalah sebuah promo.

“ Framing ini seakan akan ada anak yang dibelikan motor tidak terima, motornya dirusak. Padahal ini kan sebuah konten. Ini kan pembohongan publik. Dari awal tidak ada penjelasan ini promo atau apa, ini berpeluang menyesatkan,” ujarnya.

Sebelumnya video seorang pemuda menendang dan merusak motor matik di depan sebuah dealer di Kabupaten Magetan, Jawa Timur viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit 2 detik tersebut terlihat seorang pemuda mengenakan jaket menendang dan merusak sepeda motor matik yang tergeletak di jalan. “Ora ditukokne motor lur, ngamuk ngamuk, “ ujar suara di video viral tersebut.

Baca Juga:  Ditinggal Istri Kerja di Batam, Pria di Magetan Gauli Anak Tiri Hingga Hamil.

Dihubungi melalui sambungan telepon, pemilik akun Lek_Dahlan mengatakan jika video tersebut merupakan bagian dari proses pembuatan film tentang remaja yang saat ini banyak tidak memahami kesulitan orangtua untuk memenuhi tuntutan hidup mereka. “Realita ini yang kita tangkap, bagaimana remaja saat ini kurang menghargai kesulitan orang tua,” katanya (DmS)

 516 total views,  3 views today