Connect with us

Lifestyle

Melihat Tradisi Lelang Kulit Hewan Kurban Warga Desa Puntukdoro Magetan di Hari Raya Idul Adha.

Published

on

Melihat Tradisi Lelang Kulit Hewan Kurban Warga Desa Puntukdoro Magetan di Hari Raya Idul Adha.

Rasi Fm – Warga Desa Puntukdoro Kabupaten Magetan memiliki tradisi unik pasca usai melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Mereka akan mengumpulkan kulit sapi maupun kulit kambing yang telah disembelih setelah daging kurban dibagikan kepada masyarakat. Setelah puluhan kulit terkumpul di Masjid Pondok Pesantren Baitul Ulum, warga kemudian melakukan lelang kulit hewan kurban tersebut.
Tokoh Masyarakat Desa Puntukdoro, Yuli Susanto mengatakan, kegiatan lelang kulit hewan kurban telah dilakukan warga beberapa tahun terakhir setelah warga memilih mengumpulkan kulit kulit hewan kurban tersebut. Sebelumnya warga menjual kulit hewan kurban di masing masing lingkungan tempat peyembelihan hewan korban. Peserta lelang kulit hewan kurban bahkan datang dari luar Kabupaten Magetan seperti dari Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo.
“lelang ini mulai ada setelah warga mengumpulkan kulit jadi satu, Sistemnya eking, mencatat kita buka secara transparan pemenangnya nanti kita umumkan yang melakukan penawaran tertinggi. Pembeli kulitnya ada yang dari sini, ada yang dari Wonogiri,” ujarnya.
Idul Adha 1443 tahun 2022 kali ini warga Desa Puntukdoro menyembelih 88 ekor sapi di 6 titik lingkungan warga. Selain dibagikan kepada warga, warga Desa Puntukdoro juga membagikan 3.000 kupon daging korban kepada warga di sekitar Desa Puntukdoro. (DmS)

Baca Juga:  Para Lelaki Pun Dukung RUU TPKS Harus Segera Disahkan.

 577 total views,  3 views today