Connect with us

HUMANIS

Dukung Program Jawa TImur Bebas Pasung, Dinas Sosial Magetan Akan Kirim 10 ODGJ ke RSJ Menur Surabaya.

Published

on

Dinas Sosial Kabupaten Magetan Data Puluhan Anak Yatim Piatu Disebabkan Covid 19

Rasi Fm – Dinas Sosial Kabupaten Magetan akan mengirim 10 orang dengan gangguan jiwa ke Rumah Sakit Jiwa RSJ Menur Surabaya. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, ke 10 orang dengan gangguan jiwa dari Magetan nantinya tidak hanya akan mendapat perawatan di RSJ Menur Surabaya, namun jika kondisi kejiwaannya bisa stabil dengan perawatan nantinya mereka juga akan diberi bekal ketrampilan yang bisa membuat mereka bisa hidup mandiri. Namun jika pasien odgj masih mengalami permasalahan mental mereka akan kembali di rawat di RSJ Menur Surabaya.
Perawatan terhadap 10 ODGJ dari Kabupaten Magetan merupakan upaya untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mewujudkan Jawa Timur bebas pasung tahun 2023 mendatang.
“Ini dalam rangka menuju Jawa TImur bebas pasung 2023. Nanti itu dirawat di Menur jangka panjang bisa 3 bulan, setelah itu ditransit di UPT Sidoarjo. Nanti selama beberapa bulan kalau masih ngamuk lagi akan dikembalikan ke RSJ Menur. Tetapi kalau sudah stabil akan di rawat di UPT nanti akan dibekali ketrampilan sampai nanti kembali ke keluarganya,” ujarnya.
Di Kabupaten Magetan Dinas Sosial Kabupaten Magetan mencatat ada sekitar 19 orang dengan gangguan jiwa yang terdata dimana 10 keluarga odgj menyetujui untuk keluarganya mendapat perawatan di RSj Menur Surabaya sementara keluarga lainnya masih enggan melepaskan orang dekat mereka untuk menjalani perawatan (DmS).

Baca Juga:  Dimasa Pandemi, Sejumlah Penulis Buku Masih Aktif Menghasilkan Karya.

 133 total views,  3 views today