Connect with us

HUMANIS

Dinas Sosial Kabupaten Magetan Data Puluhan Anak Yatim Piatu Disebabkan Covid 19

Published

on

Dinas Sosial Kabupaten Magetan Data Puluhan Anak Yatim Piatu Disebabkan Covid 19

Rasi Fm – Dinas Soaial Kabupaten Magetan, melakukan pendataan terhadap anak yatim piatu karena orang tua mereka meninggal covid 19. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, pihaknya saat ini masih melaksanakan asesmen terhadap 25 anak yatim piatu usia dibawah 18 tahun untuk diusulkan ke Kementerian Sosial. Ke 25 anak yatim piatu karena orang tua mereka meninggal covid 19 rencananya akan mendapat sejumlah bantuan dari kementerian.
“25 anak sedang kita lakukan assessment. Data itu kita kirim ke Kemensos dan nanti ke Kemensos mau membantu apa? Nanti kan ada lagi, selain data data itu semua nanti masuk ke Kemensos. Nggak tahu kita bantuannya apa, pokok yang itu kita disuruh mendata berikan ke Kemensos,” ujarnya.
Selain melakukan asesmen terhadap 25 anak yatim piatu yang orang tua mereka meninggal karena covid 19 Dinas Sosial Kabupaten Magetan juga telah mendata 40 anak yatim piatu usia 18 tahun hingga 21 tahun. Mereka rencananya akan mendapat bantuan program pelatihan kerja dari Balai Latihan Kerja Provinsi Jawa Timur. Pelatihan ketrampilan wirausaha seperti bengkel, salon, las, kuliner serta sejumlah pelatihan kerja lainnya yang dilaksanakan selama 6 bulan. Peserta pelatihan juga bisa mengikuti pelatihan lanjutan untuk meningkatkan ketrampilan mereka. Dengan ketrampilan yang mereka miliki diharapkan akan mampu menjadi wirausahawan yang mandiri.
“ Pelatihan itu Kan dari UPT, pulang itu kan sudah diberi peralatan. Pelatihannya sendiri juga 6 bulan, setelah dari UPTD itu pelatihan itu nanti bisa berjalan nanti kan dia terus dari provinsi kalau memang diperlukan Ini juga nanti bisa ikut lanjutan kan seperti itu istilahnya,” imbuhnya.
Sejumlah anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covid 19 saat ini telah menjadi anak angkat dari Kepolisian Resor Magetan. Dinas Sosial Kabupetn Magetan juga telah melakukan layanan psikososial terhadap anak yatim piatu terdampak covi 19. (DmS).

Baca Juga:  “Home Care” Cara Dinas Sosial Magetan Mengajak Warga Peduli Dengan Lansia

 253 total views,  3 views today