Connect with us

Olahraga&Kes

Lakukan Pemeriksaan Terhadap 6.000 Lebih Warga, Dinkes Magetan Temukan 585 Warga Positif TBC.

Published

on

Lakukan Pemeriksaan Terhadap 6.000 Lebih Warga, Dinkes Magetan Temukan 585 Warga Positif TBC.

Rasi Fm – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menemukan 585 warga Kabupaten Magetan terdeteksi sebagai orang mengidap TBC. Subkoordinator P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Agoes Yudi Purnomo, S.KM, M.Ph. mengatakan, data 585 warga Magetan terdeteksi mengidap TBC merupakan hasil pemeriksaan dari 6.574 target pemeriksaan terhadap warga yang telah ditetapkan Kementrian Kesehatan.

Baca Juga:  Ditengah Pandemi Covid 19 TMMD ke 111 Di Desa Gonggang Berhasil Selesaikan Pengecoran Jalan Desa Sepanjang 1.550 Meter.

Pemeriksaan dilakukan di screaning seperti di lokasi pelayanan kesehatan, puskesmas maupun rumah sakit, pesantren, lapas dan lokasi yang beresiko terhadap penyebaran penyakit TBC. Kementerian Kesehatan sendiri mentargetkan penemuan 1.291 orang orang yang terpapar TBC, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan baru menemukan 585 pasien positif TBC.

“Ada target dari Kementerian Kesehatan, Kabupaten Magetan tahun ini harus melakukan pelayanan terhadap 6574 orang terduga TBC. Untuk targetnya orang yang sakit TBC 1291, itu dari nasional. Kita baru menemukan 585 orang. Yang 585 ini sudah positif TBC,” ujarnya.

Baca Juga:  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Pembacaan 1000 Yasin, SMK Yosonegoro Ajak Siswa Idolakan Nabi

Agoes Yudi Purnomo menambahkan, bagi warga yang positif mengidap TBC Dinas Kesehatan akan memberikan OAT atau pengobatan penyembuhan TBC, bahkan untuk warga yang kontak erat dengan warga terpapar TBC namun negative maka akan menjalani terapi pencegahan TBC. Semua pelayanan kesehatan bagi penderita TBC diberikan secara gratis.

Baca Juga:  Ini Alasan Pemkab Magetan Berlakukan Gerakan Bermasker 24 jam

“Kebijakan Kementerian Kesehatan sekarang untuk kontak erat negative disarankan untuk menjalani terapi pencegahan TBC atau TPT, dan semua itu gratis,” imbuhnya. (DmS)

 269 total views,  3 views today