Connect with us

Pariwisata

Desa Ngiliran Buka Potensi Pendakian Jalur ke Puncak Lawu

Published

on

Desa Ngiliran Buka Potensi Pendakian Jalur ke Puncak Lawu

Rasi Fm – Desa Ngiliran Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan mulai membuka jalur pendakian ke puncak Lawu. Kepala Desa Ngiliran Karmo mengatakan, jalur pendakian ke puncak Lawu via pintu masuk Ngiliran menawarkan keindahan pemandangan kearah Timur dimana seluruh kawasan Kabupaten Magetan dapat terlihat.
“Itu kalau jalannya sudah, tapi kita resminya ijin dengan perhutani kan belum. Artinya apa, kita kelembagaan harus siap juga, nanti koordinasi terkait keamanan kan harus tertata semua,” ujarnya.
Kepala Desa Ngiliran Karmo menambahkan, saat ini pemerintah desa masih mengupayakan legalitas untuk mengelola jalur pendakian ke Puncak Lawu. Jalur Puncak Lawu sebetulnya jalur lama yang dulunya sering digunakan warga untuk melakukan pendakian ke puncak Lawu. Selain menawarkan keindahan pemandangan kota Magetan jalur puncak lawu via Desa Ngiliran juga lebih cepat dibandingkan dengan jalur ke puncak Lawu Lainnya.
“Total untuk kota itu kelihatan,. Dari sekian desa yang punya akses tembus ke sana dengan jalur mobil itu baru sini yang sudah nyaman untuk perjalanan. Jalur mobil itu sampai perbatasan jalur perhutani dengan desa,” imbuhnya.
Selain mengupayakan legalitas perijinan pengelolaan jalur puncak Lawu melalui Desa Ngiliran, pihak desa saat ini juga mengupayakan destinasi wisata kampung kopi untuk melengkapi destinasi jalur pendakian puncak lawu via Desa Ngiliran. (DmS)

Baca Juga:  Sengketa Akses Jalan, Warga Ponorogo Akhirnya Membongkar Pagar Tembok di Depan Rumah Wisnu

 407 total views,  3 views today