Connect with us

HUMANIS

Dari Dicantol, Bantuan Sembako dari WGR Diantar ke Rumah Warga Yang Isoman

Published

on

Dari Dicantol, Bantuan Sembako dari WGR Diantar ke Rumah Warga Yang Isoman

Rasi Fm – Warung gotong royong (WGR) Kabupaten Magetan merubah system pendistribusian bantuan sembako kepada warga, dimana biasanya penyaluran bantuan dilakukan dengan mencatolkan sembako di suatu tempat dan setiap warga boleh mengambil sembako tersebut. Cara tersebut saat ini mulai dirubah mengingat selama pelaksanaan PPKM Darurat banyak warga yang terpapar covid 19 melakukan isolasi mandiri. Ketua WGR Magetan Nanik Karsini mengatakan, saat ini data dari relawan WGR di 35 desa mencatat ada sekitar 326 warga Magetan yang melakukan isolasi mandiri. Dengan mengantar langsung bantuan sembako diharapkan warga yang melakukan isolasi mandiri lebih focus pada pemulihan kesehatan mereka.
“ Jadi kita bantu warga Magetan yang sedang isoman. Hari ini ada 35 desa itu ada sejumlah 350 kepala keluarga yang melakukan isoman. Kita siapkan beras, minyak ada gula ada mie instan ada ketela, ada jeruk ada kacang hijau,” ujarnya.
Selain memberikan bantuan sembako, WGR Magetan juga akan membagikan suplemen virgin coconut oil / VCO dan susu sapi murni hasil produk lokal peternak sapi perah di Magetan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri agar kesehatan mereka segera pulih. Bagi warga yang membutuhkan VCO bisa menghubungi nomor secretariat WGR Magetan karena ketersediaan VCO hanya sebanyak 300 paket sementara data warga yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 326 kepala. Setelah didata penyaluran VCO nantinya juga akan diantar langsung oleh relawan di desa warga yang melakukan isolasi mandiri.
“di minggu ke 3 ada program lagi dari WGR kita ada program lagi membagikan VCO. Dia menghubungi kita melalui call center di 082111555818 nanti dari call center dia wa alamatnya relawan kita yang akan antar kalau lingkungannya di relawan kita. Kalau dia berada di luar desa tapi masih warga Magetan kita akan bekerja sama dengan relawan lainnya untuk mengantar,” imbuhnya.
Warung Gotong Royong merupakan konsep tempat memberi dan menerima dari donatur yang peduli dengan warga yang terdampak covid 19. Konsep yang diterapkan untuk distribusi sembako bagi warga adalah dengan membuat ditempat yang telah ditentukan dimana warga bisa mengambil satu bungkus sembako.
WGR sendiri diperkenalkan kepada warga di awal pandemic covid 19 di Kabupaten Magetan untuk membantu warga yang terdampak dengan penyekatan selama masa pandemic covid 19. Saat ini relawan WGR ada di 18 kecamatan dan 80 desa di Magetan.(DmS)

Baca Juga:  Dinas Sosial Kabupaten Magetan Data Puluhan Anak Yatim Piatu Disebabkan Covid 19

 467 total views,  3 views today