Connect with us

News

Bangun Destana Tangguh di Magetan, Poltekes Kemenkes Surabaya Berikan Pembekalan Peningkatan SDM.

Published

on

Bangun Destana Tangguh di Magetan, Poltekes Kemenkes Surabaya Berikan Pembekalan Peningkatan SDM.

RASI FM – Poltekes Kemenkes Surabaya memberikan pembekalan peningkatan SDM kepada destana di desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan dalam giat simulasi tanggap darurat bencana. Setiap tahun ada 2 destana yang diresmikan oleh BPBD Kabupaten Magetan. Dosen dan Peneliti Poltekkes Kemenkes Surabaya Heru Santosa Wahito Nugroho mengatakan, peningkatan sumber daya manusia sangat penting untuk membentuk desa tangguh bencana dalam mengantisipasi bencana alam yang terjadi. Dengan kecakapan dari personil destana resiko korban jiwa dan harta benda masyarakat bisa di minimalisir.

Baca Juga:  Pelaksana Pembangunan Pasar Baru Tahap 4 Pastikan Akan Selesaikan Rehab Sesuai Waktu Pelaksanaan.

“Untuk bekerjasama dengan BPBD 5 tahun lebih. Desa Ngelang salah satu destana pada fase awal lebih awal dari Desa Jajar. Kita punya karakteristik dibangun oleh alam. Desa Ngelang itu langganan banjir sehingga masyarakatnya tangguh. Tidak mesti dengan pengalaman mengalami bencana jadi tahu secara alamiah itu bukan final. Artinya masih bisa kita kembangkan lagi. Kekuatan kita dalam menghadapi bencana itu ada 3 unsur, yang pertama hazard dari banjir, yang kedua kapasitas. Kalau kapasitas di berdayakan melalui masyarakat dan relawan destana maka kita akan semakin kuat mengantisipasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Catatan Usia 9 Tahun Al Jahra, Keterbukaan Pendidikan Untuk Kebaikan Umat.

Heru Santosa Wahito Nugroho menambahkan, Destana melalui peningkatan kompetensi juga mampu mengantisipasi potensi kerentanan yang akan mampu menekan jumlah korban bahkan bisa menghilangkan potensi korban dalam bencana alam.

“Potensi yang menimbulkan kerentanan bisa kita antisipasi karena bisa dikenali jauh hari. Seperti lansia, disabilitas, ibu hamil anak balita ibu hamil dan lain lain, kalau hal itu kita sinergikan maka kita akan tingkatkan kapasiti, kita antisipasi betul yang punya kerentanan, lalu kita bisa menghadapi hazard dengan resiko seminimal mungkin,” imbuhnya.

Baca Juga:  Samakan Persepsi Di Masa Pandemi Pemkab Magetan Gelar Rakor FKUB dan Forum Wawasan Kebangsaan

Poltekkes Kemenkes Surabaya telah bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Magetan selama 5 tahun terakhir dalam kegiatan pembentukan SDM Destana yang tangguh dan memiliki keterampilan untuk mengelola penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Magetan. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 61 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *