Connect with us

Pariwisata

Taman Bunga Refugia Akan Dilengkapi Fasilitas Masjid Yang Bersejarah

Published

on

Taman Bunga Refugia Akan Dilengkapi Fasilitas Masjid Yang Bersejarah

Rasi Fm – Destinasi wisata Taman Bunga Refugia Kabupaten Magetan akan dilengkapi dengan fasilitas masjid. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, masjid yang akan dibangun di taman bunga refugia merupakan masjid yang bersejarah bagi perkembangan syiar agama Islam di Magetan karena material pembangunan masjid seperti tiang utama dan bagian lain masjid merupakan kayu yang menjadi soko guru masjid Agung Magetan. Tiang utama Masjid Agung pertama di Magetan tersebut menurut Bupati Magetan Suprawoto bernilai sejarah sangat tinggi bagi Kabupaten Magetan” Kita punya tiang 4 dan dodok peksi yang asli dari Masjid Agung,” ujarnya.
Bangunan masjid yang akan di bangun di Taman Bunga Refugia nantinya akan tetap mempertahankan bentuk dan bahan masjid yang berasal dari kayu jati kuno. Anggaran yang dibutuhkan diperkirakan mencapai 1, 5 miliar yang akan dihimpun dari kepedulian masyarakat Magetan.Terkait nama masjid, Bupati Magetan Suprawoto akan menyerahkan kepada para pemuka agama di Magetan.
“ Tetap mempertahankan nuansa klasik, bentuknya menyerupai seperti dulu seperti masjid peninggalan Demak, Banten yang memiliki kultur ke Indonesia an. Mesjid demikian semakin langka. Dan nuansa kayu tetap kita pertahankan. Ada beberapa usulan tadi dari Kyai Marno, Kyai Unen kalau nama masjid ada nuansa kultural jawa tapi belum kita tetapkan namanya,”” imbuhnya.
Pengerjaan pembagunan masjid di Kebun Bunga Refugia akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri. (DmS)

Baca Juga:  Cegah Penyebaran COvid 19 Dimasa Libur Natal dan Tahun Baru, Polres Magetan Gelar Rapid Kepada Puluhan Pendatang di Perbatasan

 101 total views,  6 views today