Connect with us

Magetan's

Simpan Ribuan Karya Foto Tahun 1960 an, Mbah Sarkoem Dapat Penghargaan di Hari Arsip Nasional.

Published

on

Simpan Ribuan Karya Foto Tahun 1960 an, Mbah Sarkoem Dapat Penghargaan di Hari Arsip Nasional.

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan, memberikan penghargaan kepada Sarkoem Darmowinoto di hari Arsip nasional. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, penghargaan diberikan kepada Mbah Sarkoem karena selama puluhan tahun mengabadikan perkembangan Kabupaten Magetan melalui foto yang dibuatnya.
Suprawoto menambahkan, pemerintah Kabupaten Magetan melalui Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magetan juga mengakuisisi 50 an foto karya Mbah Sarkoem untuk kebutuhan Arsip pemerintah Kabupaten Magetan mengingat tingginya nilai sejarah bagi perkembangan Kabupaten Magetan. Pemerintah daerah saat ini juga mengajak masyarakat yang memiliki foto lama untuk disimpan sebagai dokumen arsip pemerintah daerah.
“Nilai arsip foto beliau sangat tinggi sebagai bukti sejarah perjalanan Kabupaten Magetan. Kita juga mengumpulkan foto foto lama seperti foto pernikahan yang lama, dulu hiasannya hanya janur yang ditancapkan di pohon pisang saja sudah sangat mewah. Kalau sayang diserahkan kepada kita, kita akan minta ijin untuk di repro, ” ujarnya.
Sarkoem Darmowinoto merupakan kontraktor di tahun 1960 an hingga awal tahun 2000 an yang telah mengerjakan sejumlah bangunan penting di Kabupaten Magetan. Dalam setiap pengerjaan proyeknya selalu mendokumentasikan pekerjaan dari nol hingga 100 persen pengerjaan. Foto terlama yang dibuat oleh Sarkoem adalah foto tahun 1969 saat mengerjakan pembangunan gedung BPH. (DmS).

Baca Juga:  90 Polisi yang Jaga di Temboro Jalani Rapid Test, Satu Reaktif

 155 total views,  9 views today