Connect with us

Budaya & Pariwisata

Selama Libur Lebaran Pengunjung Destinasi Wisata Telaga Sarangan Ditargetkan Capai Lebih Dari 70.000 Pengunjung.

Published

on

Selama Libur Lebaran Pengunjung Destinasi Wisata Telaga Sarangan Ditargetkan Capai Lebih Dari 70.000 Pengunjung.

RASI FM – Destinasi Wisata Telaga Sarangan diperkirakan dikunjungi lebih dari 70.000 wisatawan saat musim libur lebaran. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, puncak kunjungan wisatawan ke Telaga Sarangan terjadi pada lebaran kedua atau pada Hari Senin (24/04) dengan jumlah pengunjung lebih dari 20.500 wisatawan.

“Untuk puncak kunjungan Hari Senin kemarin sekitar lebih dari 20.500 pengunjung, dan Hari Rabu lebih dari 20.000 pengunjung,” ujarnya.

Baca Juga:  Prihatin Insiden Kanjuruhan, Gubernur Tunda Pesta Rakyat Peringatan HUT Provinsi Jawa Timur.

Diperkirakan lebih dari 70.000 wisatawan baik dari Magetan maupun dari luar Kabupaten Magetan yang berkunjung ke Telaga Sarangan selama libur lebaran. Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan tahun 2023 mentargetkan PAD dari retribusi Telaga Sarangan sebesar Rp 17 Milyar.

“Untuk target pendapatan dari Telaga Sarangan selama musim libur lebaran ini menyumbang sekitar 15 persen dari target PAD. Nanti masih ada momen natal dan tahun baru,” imbuhnya.

Baca Juga:  Bangun Destimasi Wisata, Pemuda Desa Sidomulyo Memelihara Ikan Koi di Selokan

Untuk lebih memaksimalkan pengelolaan pengunjung Telaga Sarangan, Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan melakukan pengaturan jalur masuk bagi roda 2 dan roda 4 serta melakukan penutupan jalur masuk ketika jumlah pengunjung Sarangan mencapai lebih dari 15.000 wisatawan.

Baca Juga:  Rumah Penerima Bantuan Pangan Tunai Akan Difoto Petugas.

“Kita sempat melakukan penutupan sementara sebanyak 2 kali untuk melakukan pengaturan didalam. Untuk parkir di dalam bisa mencapai 1.000 kendaraan. Sejauh ini dengan metode penutupan sementara untuk mengalihkan wisatawan ke destinasi wisata lain di sekitar Sarangan cukup berhasil mengurangi kemacetan dan alur kunjungan wisatawan,” ucap Joko. (DmS)

 686 total views,  3 views today