Connect with us

Politik & Pemerintahan

Saksi PDI P Menolak Menandatangani Hasil Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Karena Maladministrasi.

Published

on

Saksi PDI P Menolak Menandatangani Hasil Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Karena Maladministrasi.

RASI FM – Saksi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP Kabupaten Magetan menolak menandatangani hasil rekapitulasi pemilu 2024 tingkat kabupaten yang digelar di aula kantor KPU Kabupaten Magetan. Saksi dari partai PDIP Luki mengatakan, penolakan penanda tanganan hasil rekapitulasi pemilu 2024 tingkat kabupaten karena adanya terjadi maladmnistrasi dan cacat prosedur yang dilakukan oleh PPK di Kecamatan Lembeyan , Kecamatan Parang, Kecamatan Sukomoro dan Kecamatan Panekan.

“Alasan PDIP menolak hasil pleno karena terjadi maladministrasi dan cacat prosedur yang dilakukan oleh PPK di Kecamatan Lembeyan , Kecamatan Parang, Kecamatan Sukomoro dan Kecamatan Panekan,” ujarnya.

Baca Juga:  Para Lelaki Pun Dukung RUU TPKS Harus Segera Disahkan.

Luki menambahkan, maladministrasi yang dimaksud adalah adanya perubahan data karena kesalahan dalam rekapitulasi oleh PPK. Dalam kegiatan perubahan perbaikan data yang dilakukan oleh PPK tidak melibatkan saksi dari semua partai politik. Perbaikan kesalahan data menurutnya juga tidak dilakukan dalam sidang pleno. Akibat adanya maladministrasi tersebut menurut Luki membuat hasil rekapitulasi ditingkat PPK terkesan ditutup tutupi dan tidak transparan.

Baca Juga:  Dinas Sosial Kabupaten Magetan Berharap Masyarakat Turut Mengawasi Penyaluran Bantuan Sosial Kepada Masyarakat.

“PPK tersebut melakukan perubahan data karena terjadi kesalahan kemudian diperbaiki tetapi tidak mengundang dan melibatkan saksi semua parpol. Yang harus dilakukan jika ada perbaikan maka harus dilakukan pleno ulang atau kesalahan tersebut dilakukan perbaikan di rapat pleno jenjang berikutnya yaitu di KPU Kabupaten, hal tersebut tidak dilakukan justru PPK berinisiatif memperbaiki sendiri jadi seakan ditutup tutupi dan prosesnya tidak transparan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Tingkat SDM Telekomunikasi Tekhnologi Fiber Optik, SMK N 2 Magetan Menerima Laboratorium Fiber Optik Dari Kementerian Kominfo.

Luki memastikan penolakan saksi PDIP menandatangani hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten karena adanya maladministrasi, sementara untuk hasil data rekapitulasi pemilu 2024 tidak mengalami pergeseran data. Meski tidak mengalami perubahan data namun maladmiistrasi yang dilakukan oleh PPK bisa menimbukan multi persepsi.

“Sebenarnya untuk hasil tidak mengalami pergeseran, tetapi karena ada proses yang tidak sesuai prosedur akhirnya menimbulkan multipersepsi dan itu dikhawatirkan memicu konflik di masyarakat,” pungkasnya. (DmS)

 238 total views,  3 views today