Connect with us

Budaya

Sabet Anugrah KPID, Rasi FM Dedikasikan Liputan Musik Tongling Untuk Pak Sujono

Published

on

Sabet Anugrah KPID, Rasi FM Dedikasikan Liputan Musik Tongling Untuk Pak Sujono

Rasi Fm – Liputan toleransi antar umat beragama di Kampung Wonomulyo melalui Musik Tongling yang ditayangkan dalam program Pesona Magetan di Radio Rasi FM sabet anugrah penyiaran KPID Provinsi Jawa Timur tahun 2020 kategori program wisata budaya Jawa Timur terbaik yang digelar oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KPID Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur Tahun 2020 yang diselenggarakan di Grand Mercure Surabaya City merupakan kegiatan untuk memberikan apresiasi untuk mendorong industri penyiaran terus berkarya dalam menghasilkan program-program terbaik..
“ Inilah nominasi anugrah penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KPID Provinsi Jawa Timur tahun 2020 kategori radio program wisata budaya Jawa Timur. Rasi fm Magetan Pesona Magetan, Bintang Tenggara Fm Banyuwangi wisata budaya bintang tenggara, Kembang Sore Fm Tulungagung cakrawala budaya. Dan pemenangnya adalah, Rasi Fm Magetan Pesona Magetan,”
Perwakilan Radio radio Rasi Fm (Pramesnet Groip) untuk menerima penghargaan dari KPID Provinsi Jawa Timur Eko Jayadi mengatakan, music tongling yang dikembangkan oleh warga kampung Wonomulyo merupakan budaya turun temurun dari nenek moyang mereka yang bernama Ki Hajar Wonokoso yang merupakan tokoh pertama kali membuka kampong Wonomulyo.
Dalam kesempatan tersebut Eko Jayadi mengatakan keberhasilan program Pesona Magetan Radio Rasi FM menyabet anugrah penyiaran KPID Provinsi Jawa Timur tahun 2020 didedikasikan untuk Bapak Jono selaku penggiat music tongling sehingga mampu berkembang sampai saat ini sebagai budaya mempererat tali persaudaraan antar umat beragama. Bapak Sujono meninggal dunia pada Hari Sabtu tanggal 12 Desember 2020.
“Info oleh ibu Sasa DPRD Provinsi Jatim, telah meninggal dunia Pandita Jono yang membidani lahirnya TongLing di Kabupaten Magetan yang meninggal dunia. Tongling singkatan dari kentongan dan suling. Ini Merupakan musik untuk sarana kerukunan umat beragama di dusun wonomulyo, Kab Magetan. Musik tongling merupakan warisan budaya pinisepuh Ki Hajar Wonokoso yang merupakan tokoh dari Kerajaan Mataram yang merupakan tokoh yang membuka perkampungan di Wonomulyo Pada kesempatan ini kami mengajak hadirin untuk mengheningkan cipta sejenak menghormati jasa Pandito Jono yg telah berpulang “ ujarnya.
Saat ini music tongling mulai digeluti oleh generasi milenial Kampung Wonomulyo sebagai khasanah musik tradisional asli dari Magetan. Musik tongling juga merupakan sarana mengajarkan toleransi antar umat beragama di Kampung Wonomulyo dimana di kampung tersebut warganya beragama Budha dan beragama Islam yang hidup rukun berdampingan. (DmS)

 94 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *