Connect with us

Pendidikan

Cara SD Milangasri 1 Bentuk Karaktrer Anak Didik Dengan Kegiatan BTQ.

Published

on

Cara SD Milangasri 1 Bentuk Karaktrer Anak Didik Dengan Kegiatan BTQ.

RASI FM – Sekolah Dasar Negeri 1 Milangasri , Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan mempunyai kegiatan ekstrakurikuler baca Tulis Al Quran untuk mengembangkan karakter anak didik. Kepala Sekolah SDN 1 Milangasri Yuni Wulandari mengatakan, ekstrakurikuler BTQ diwajibkan bagi siswa kelas 1 hingga kelas 6 yang beragama islam. Kegiatan ekstrakurikuler BTQ menurutnya merupakan upaya untuk mewujudkan harapan orang tua yang menghendaki adanya peningkatan kemampuan anak mereka dalam memperdalam ilmu agama.

”BTQ kita wajibkan siswa kelas 1 sampai kelas 6 merupakan program efektif karena SD Negeri itu harus bersaing. Kita berfikir apa yang diinginkan masyarakat, wali murid menghendaki adanya pembelajaran berbasis agama itu ditingkatkan kembali,” ujarnya.

Baca Juga:  Larang Buang Limbah Ke Sungai, Pemkab Magetan Wajibkan Pemilik Sapi Perah Di Singolangu Menumpuk Kotoran Sapi

Yuni Wulandari menambahkan, melalui ekstrakurikuler BTQ yang dilaksanakan dengan managemen terpisah dari menagemen pengelolaan sekolah yang dikelola oleh 8 ustazah yang bersertifikasi diharapkan akan mampu mencetak siswa yang memiliki karakter sopan santun serta agamis serta mempunyai kemampuan memmbaca dan menghayati Alquran. Lulusan siswa SDN 1 Milangasri diharapkan telah khatam Alquran ketika lulus sehingga untuk melanjutkan pendidikan di jenjang lebih tinggi mereka memiliki bekal keagamaan yang cukup kuat.

Baca Juga:  Hadiri Ulang Tahun IGTKI ke 72, Bupati Magetan Berharap Bahasa Jawa Jadi Bahasa Pengantar Siswa TK.

“Managemennya terpisah dari managemen sekolah agar lebih focus. Target kita kelas 3 itu sudah alquran. Anak anak itu kalau sudah bisa baca tulis Al Quran psikis mentalnya sudah terbangun, lebih percaya diri. Contoh anak SD kalau sudah bisa ngaji akan pede dan akan bersemangat ke mushola Karena punya modal. Kalau anak sudah SMP disuruh belajar Alquran itu akan lebih sulit,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sabet Juara 1 LKS Jatim, 2 Siswa SMK Yosonegoro Mewakili Provinsi Jatim Maju di Ajang Nasional.

Selama satu tahun penerapan ekstrakurikuler BTQ menurut Yuni Wulandari telah mampu membentuk karakter siswa SDN Milangasri 1 mampu membaca dan menghafal Alquran. Para Siswa juga memiliki sopan santun dalam kemasyarakatan melalui pembelajaran agama dalam kegiatan BTQ. (DmS)

 271 total views,  3 views today