Connect with us

News

Tingkatkan Keamanan Data Digital, Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Bentuk Tim CSIRT.

Published

on

Tingkatkan Keamanan Data Digital, Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Bentuk Tim CSIRT.

Rasi Fm – Meningkatkan keamanan data yang dimiliki setiap OPD, Dinas Kominfo Kabupaten Magetan menggelar Computer Security Incident Response Team.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Cahaya Wijaya mengatakan, pembentukan CSIRT dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan virus dan antivirus terhadap data digtal yang dimiliki oleh OPD di Kabupaten Magetan. Melalui tim CSIRT kendala terkait IT dan data milik OPD akan segera bisa ditangani jika terjadi kendala baik dari virus maupun upaya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Panitia Salah Jawaban, Test Pengisian Perangkat di Desa Bedagung Diulang.

“Kadang perkembangan virus tidak update dengan perkembangan anti virus saling berkejaran, kalau kita tidak update ya ketinggalan. Kasus seperti Bjorka terus beberapa website yang diretas kita kesulitan bekerja. Ini kita amankan tidak macet bekerja datanya aman. Trenggalek sudah mengerjakan dahulu kita semoga menyusul,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Hingga September 2020

Cahaya Wijaya menambahkan, kegiatan kesiapsiagaan penanganan cyber di Kabupaten Magetan dengan membentuk tim CSIRT juga akan dikembangkan melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah lainnya terkait pengamanan data digital milik OPD di Kabupaten Magetan sehingga akan membentuk jaringan pengamanan data digital secara lebih luas.

“ini nanti ada di SKPD dan mereka akan terkoneksi dengan teman teman BSSE dengan kabupaten lain, dengan provinsi kalau ada kendala apa mereka saling bisa belajar,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kasus Covid Mulai Melandai, Pemkab Magetan Akan Gelar Car Free Day Di sejumlah Kecamatan.

Tim CSIRT nantinya akan dibentuk di setiap OPD di Kabupaten mengingat ancaman virus maupun peretasan data digital semakin rentan terjadi dimasa yang akan datang. (DmS)

 101 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *