Connect with us

News

Puluhan Warga Penerima Manfaat Mandiri PKH Akan Diusulkan Graduasi Karena Telah mampu Dari Sisi Perekonomian.

Published

on

Puluhan Warga Penerima Manfaat Mandiri PKH Akan Diusulkan Graduasi Karena Telah mampu Dari Sisi Perekonomian.

RASI FM – Puluhan warga miskin penerima bantuan Program Keluarga Harapan PKH mandiri diajukan tidak lagi menerima bantuan atau graduasi. Koordinator PKH Kabupaten Magetan Zaini Muchtar mengatakan, hingga Bulan April 2024 sebanyak 34 keluarga penerima manfaat bantuan PKH diusulkan untuk graduasi karena telah mampu secara perekonomian. Kebanyakan keluarga yang mengajukan graduasi adalah PKM yang mempunyai usaha mandiri sehingga ketika dibantu oleh pemerintah melalui program PKH mereka bisa berkembang dengan usaha yang mereka miliki.

Baca Juga:  Hingga Awal Oktober Tercatat 20 Kasus Kekerasan Pada Anak dan Perempuan, Dinas KB Magetan Belum Memiliki Save House.

”Itu motivasi dari pendamping, mereka punya usaha, usahanya sudah maju kita usulkan graduasi, nanti dapat bantuan. Tahun ini ada 34 keluarga yang mengajukan graduasi tapi masih pengajuan. Kalau tahun kemarin juga 30 lebih yang juga sudah mendapat bantuan Pena, bantuan peralatan kerja karena mengajukan graduasi ,” ujarnya.

Zaini Muchtar menambahkan, setelah diajukan graduasi maka proses selanjutnya bagi KPM nantinya akan mendapat pelatihan pengembangan usaha mereka. Sebelum ditetapkan sebagai PKM yang mandiri graduasi mereka juga akan menerima bantuan penunjang usaha mereka. PKM yang graduasi juga akan tetap dipantau oleh pendamping terkait status sosial perkembangan usaha mereka apakah usahanya berjalan serta laporan perkembangan usaha mereka.

Baca Juga:  Harga Kedelai Naik Rp 4 Ribu, Pengrajin Tempe di Magetan Merugi Rp 100.000 Setiap Hari.

”Yang pengajuan graduasi tahun ini belum ada peralatan pena turun, masih monev mereka mengikuti pelatihan 3 atau 4 hari sesuai bidang usahanya. Setelah bantuan peralatan turun itu ada monev lagi setiap bulan sambil memantau usaha perkembangan usaha mereka. Semisal setelah graduasi kemudian kembali miskin bisa diusulkan kembali untuk menerima PKH,” imbuhnya.

Baca Juga:  Tanggul Penahan Longsor Kali Gandong Ambles Dinas PU Magetan Sebut Terjadi Displacement.

Dari data tahap 4 tahun 2023 pencairan Program Keluarga Harapan PKH di Kbaupaten sebanyak 27.075 keluarga penerima mannfaat. Sementara hampir 6.000 warga Kabupaten Magetan ditetapkan sebagai keluarga miskin ekstrem yang mendapat bantuan kebutuhan pokok serta bantuan peningkatan kesejahteraan dari sejumlah OPD di Magetan (DmS)

 154 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *