Connect with us

Ekonomi&UMKM

Pengrajin Handbag Penyandang Disabilitas di Magetan Bidik Pasar Tas Dari Kulit Kelinci

Published

on

Pengrajin Handbag Penyandang Disabilitas di Magetan Bidik Pasar Tas Dari Kulit Kelinci

Rasi Fm – Pengrajin tas penyandang disabilitas di Kabupaten Magetan bidik pasar tas yang terbuat dari kulit kelinci. Nur Yulianti salah satu pengrajin tas dari bahan kain disabilitas di Magetan mengatakan, kulit kelinci memiliki keunikan dan mempunyai nilai jual tinggi. Selain memiliki motif yang unik pada bulunya yang lembut, saat ini belum banyak pengrajin sepatu maupun tas yang menggeluti pembuatan tas dari kulit kelinci.
Nur Yulianti menambahkan selama 3 hari sejumlah pengrajin sepatu tas dari kulit di Kabupaten Magetan mendapat pelatihan dari Dosen ATK Yogyakarta untuk pembuatan kerajinan tas dan sepatu dari bahan kulit kelinci. Selain belajar tekhnik pembuatan kerajinan dari kulit kelinci, puluhan pengrajin juga diajari bagaimana membuat desain tas dan kulit dari bahan kulit kelinci. Melalui pelatihan tersebut pengrajin tas dan sepatu di Magetan diharapkan akan mempunyai ciri khas sendiri dari produk berbahan dasar kulit kelinci yang memiliki bulu halus dan lembut tersebut.
“ Kalau pelatihan kuit kelinci baru kali ini, Biasanya dirumah bikinnya tas kain batik ciprat. Baru setengah tahun, sebelumnya itu bikin handycraff seperti asesoris jilbab. Kalau kulit kelinci inginnya bikin tas selempang dan tas ransel yang butuh kulit agak banyak, Kalau buat kerajinan kulit kelinci harus pakai mesin jahit besar,” ujarnya.
Melalui ketrampilan mengolah bahan kulit kelinci yang berbulu halus diharapkan pengrajin tas dan sepatu kulit di Magetan memiliki jiwa kewirausahaan sehingga para pengrajin nantinya akan mampu menjadi tuan rumah di bidang kerajinan kulit karena Magetan merupakan kawasan penghasil samak kulit dimana lebih dari 80 persen hasil kulitnya dipasarkan di kota lain. (DmS)..

Baca Juga:  Warganya Kesulitan Bayar Cicilan Pinjaman BKD Dimasa Pandemi, Kades Gebyog Putihkan Bunga Pinjaman

 166 total views,  3 views today