Connect with us

Ekonomi&UMKM

ATK Yogyakarta Teliti Kandungan Gelatin Dari Tulang Kelinci di Magetan, Bisa Jadi Berbagai Produk

Published

on

ATK Yogyakarta Teliti Kandungan Gelatin Dari Tulang Kelinci di Magetan, Bisa Jadi Berbagai Produk

Rasi Fm – Dosen Akademi Teknologi Kulit ATK Yogyakarta melakukan penelitian terhadap potensi pengembangan gelatin dari tulang kelinci di Kabupaten Magetan. Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ATK Yogyakarta Entin Dharmawati mengatakan, di Kabupaten Magetan terdapat banyak peternak kelinci karena potensi penjualan daging kelinci cukup tinggi. Daging kelinci di Kabupaten Magetan diolah menjadi berbagai olahan kuliner yang sehat seperti sate kelinci, abon, panggang kelinci serta pentol bakso. Dengan peluang pasar daging kelinci yang besar membuat tulang kelinci juga melimpah di Kabupaten Magetan. Tulangtulang tersebut saat ini menjadi limbah karena peternak kelinci belum bisa memanfaatkan.
ATK Yogyakarta saat ini telah melakukan penelitian terkait potensi dikembangkannya gelatin dari tulang kelinci yang ada di Magetan. Entin mengatakan, penelitian gelatin oleh ATK sudah dilakukan 3 tahun yang lalu ketika salah satu peterak kelinci di Magetan Suryo mengajukan penelitian terkait potensi kulit kelinci yang memiliki bulu indah untuk dikembangkan selain dari daging kelinci. Dari hasi penelitian, gelatin merupakan bahan yang bisa dikembangkan menjadi sejumlah produk makanan hingga produk kosmetik serta bahan obat obatan seperti cangkang kapsul dan sebagainya.
“Soeryo pertama datang ke ATK bingung bagaimana memanfaatkan kulit kelinci, saya tangkap disitu, Kelinci itu dari kulit dari tulang dari daging semua bermanfaat, maka dari itu saya bagi dua penelitian dan pengabdian masyarakat, Dari penelitian coba jadi gelatinnya. Gelatin bisa dipakai untuk bahan dasar untuk medis, bahan dasar untuk kosmetik, ubahan dasar makan bisa melapisi sosis. Kelincinya sebagai bahan embuatan sosis atau naget sehingga bisa dilpasisi gelatinnya itu,” ujarnya.
Saat ini ATK Yogyakarta masih mengajukan hasil penelitian gelatin dari tulang kelinci ke jornal penelitian dimana nantinya hasil tersebut akan dikembangkan untuk peternak kelinci di Kabupaten Magetan sehingga selain menjual daging dan kulit kelinci nantinya peternak kelinci di Magetan juga bisa mengolah tulang kelinci yang selama ini menjadi limbah bisa menjadi gelatin. (DmS)

Baca Juga:  Puluhan Warga Desa Banjarejo Mual, Pusing dan Diare, Diduga Keracunan Makanan

 167 total views,  3 views today