Connect with us

Ekonomi&UMKM

Disperindag Magetan Sumbang PAD 2,9 Miliar Dari Retribusi.

Published

on

Disperindag Magetan Sumbang PAD 2,9 Miliar Dari Retribusi.

Rasi Fm – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Magetan menyumbang pendapatan Asli Daerah PAD sebesar 2,9 miliardari retribusi pasar. Kepala Dinas Perindag Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan, target PAD 2,9 miliar tersebut berasal dari retribusi 16 pasar yang ada di Kabupaten Magetan.
Sucipto menambahkan, target PAD dari retribusi 16 pasar sebesar 2,9 miliar belum termasuk PAD pengelolaan parker di 16 pasar yang saat ini masih berada di bawah 1 miliar rupiah. Untuk meningkatkan PAD Dinas Perindag Kabupaten Magetan menerapkan e retribusi di 5 pasar dari 16 pasar yang ada. Kendala SDM dan pengembangan system dari Bank Jatim masih menjadi kendala penerapan e retribusi di 16 pasar yang ada. Prosentase antara e retribusi dan retribusi karcis mencapai 40 persen berbanding 60 persen.
Sucipto mengatakan, pemerintah daerah belum mempunyai opsi untuk membuat dinas pasar maupun pengelolaan pasar dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah BUMD mskipun SDM di Dinas Perindag hanya mempunyai 3 orang untuk mengurus 16 pasar yang ada. Pemerintah daerah saat ini bahkan melakukan perampingan dinas untuk efisiensi.
“Pasar kami target kami 2,9 milyar pertahun dari 16 pasar. Kita bisa naikkan PAD gampang, tapi yang berat masyarakatnya, Jadi kita ada fungsi sosilal, tidak hanya mencari keuntungan. Disperindag juga berat karena pasaranya ada 16 ada [asar hewan. Di pasar itu ada 3 staf, kabidnya 1 kasimya 2 mengelaola 16 pasar. Doapsar banyak pefawai honorer. Dengan kekurangan itu kami memang masih banyak kekurangan, kecuali pasar nanti jadi BUMD, lain lagi ceritanya,” ujarnya (DmS)

Baca Juga:  Semua Guru Telah Divaksin, Magetan Tetap Gelar Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pemberlakuan PPKM Level 4

 141 total views,  3 views today