Connect with us

Ekonomi&UMKM

Pengelolaan Retribusi di 5 Pasar Magetan Gunakan E Retribusi

Published

on

Dinas Perindag Magetan Akan Buat Pasar Sayur Magetan Beroperasi 24 Jam

Rasi Fm – Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Magetan sejak tahun 2019 telah memberlakukan e retribusi bagi pedagang pasar di 5 pasar dari 16 Pasar yang ada di Kabupaten Magetan. Kepala Dinas Perindag Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan, pengelolaan e retribusi merupakan kerjasama dengan Bank Jatim. Pengelolaan e retribusi di 5 pasar dengan cara pemilik bedak pasar juga menjadi nasabah bank jatim sehingga untuk penarikan retribusi pasar di lakukan langsung oleh bank jatim dengan cara menarik dari tabungan nasabah.
Sucipto menambahkan, penerapan e retribusi saat ini memang masih berlaku di 5 pasar dari 16 pasar dikarenakan masih adanya kendala SDM dari bank jatim. Dari 5 pasar tersebut saat ini tercatat baru 40 persen dari jumlah pedagang yang telah menggunakan e retribusi untuk pembayaran retribusi pasar sementara sebanyak 60 persen pedagang masih membayar retribusi pasar dengan menggunakan karcis.
“ Pengelolaan retribusi itu sudah pakai tabungan pakai barcode sudah sejak 2019. Itu malah program unggulan saya itu. Sekarang yang sudah menerapkan itu ada 5 pasar. Jadi orang itu mau bayar e retribusi nabung dulu dan dipotong langsung, Itu wajib bagi penghuni pasar, tapi baru 5 pasar karena masih ada keterbatasan di Bank Jatim,” ujarnya.
Sucipto mengatakan, untuk mengembangkan penggunakan e retribusi di seluruh pasar yang ada di Magetan pihaknya masih menunggu pengembangan yang dilakukan oleh bank Jatim selaku pihak ke 3 yang mempunyai sistem e retribusi.(DmS)

Baca Juga:  Menguntungkan, Desa Taji Kembangkan Kebun Melon Untuk Karangtaruna.

 176 total views,  3 views today