Connect with us

Ekonomi&UMKM

Masa Pandemi, Peternak di Magetan Bertahan Dengan Olah Daging Kelinci Menjadi Berbagai Jenis Olahan

Published

on

Masa Pandemi, Peternak di Magetan Bertahan Dengan Olah Daging Kelinci Menjadi Berbagai Jenis Olahan

Rasi Fm – Kelompok Pecinta Kelinci Rukun KPKR Kabupaten Magetan bertahan dimasa pandemic dengan membuat sejumlah inovasi. Rohmat Ketua KPKR mengatakan, dimasa pandemi harga daging kelinci anjlog cukup tajam. Jika biasanya satu kilo seharga Rp 45.000 turun hinggaa Rp 28.000.
Harga daging kelinci turun dikarenakan masa pendemi covid 19 membuat sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magetan tutup, padahal suplai paling tinggi dari daging kelinci adalah untuk sate kelinci yang kebanyakan dijual di lokasi destinasi wisata. Dengan tutupnya destinasi wisata membuat penjualan daging kelinci langsung menurun.
Untuk mengatasi menurunnya harga daging kelinci karena turunnya permintaan daging kelinci untuk sate maka KPKR yang berjumlah 40 orang tersebut memilih membuat olahan turunan dari daging kelinci seperti dibuat rica rica, kelinci panggang dan olahan pangan lainnya. Selain memanfaatkan daging untuk diolah menjadi sejumlah kuliner, KPKR juga mengolah kulit kelinci menjadi bahan kerajinan dimana saat ini bekerja sama dengan ATK Yogyakarta, kulit yang telah disamak digunakan untuk pengembangan pelatihan yang dilaksanakan oleh ATK Yogyakarta.
“Kita bukan focus sate saja, tapi untuk menu lain. Teman teman membuat rica rica, menu panggang bahkan bakso dari daging kelinci juga kita bikin. Teman teman ini memang arahnya untuk untuk konsumsi dan kulitnya untuk kerajinan. Jadi temen temen tidak putus asa ditengah harga daging yang anjlog. Semoga kita bisa mengembangkan menu yang lain sehingga orang yang suka kuliner bisa menikamti semua menu dari daging kelinci,” ujarnya.
Dibawah bimbingan ATK Yogyakarta tulang yang biasanya dibuang setelah diambil dagingnya juga akan dimanfaatan untuk pembuatan gelatin yang masih dalam taraf penelitian oleh ATK Yogyakarta. Dengan membuat berbagai olahan dari kelinci KPKR saat ini masih bisa bertahan dengan membeli daging kelinci seharga Rp 35.000 ditengah pangsa pasar yang hanya membeli daging kelinci Rp 28.000. (DmS)

Baca Juga:  Dinas Sosial Buka Kesempatan Pelatihan Kerja

 369 total views,  3 views today