Connect with us

Magetan's

Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020

Published

on

Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020
Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020

Menteri Agama RI, Fachrul Razi

Kementerian Agama memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020. Keputusan tersebut diambil mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi. “Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun. Akibatnya, pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga:  Pos Cemoro Sewu Terima Laporan Satu Pendaki Tewas dan Satu Pendaki Terpisah dari Rombongan

“Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah ini,” lanjutnya. Keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 1441 Hijriah dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020. Dalam keputusan itu, Fachrul menegaskan bahwa pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Artinya, pembatalan itu tidak hanya berlaku untuk jemaah yang menggunakan kuota haji pemerintah baik regular maupun khusus, tetapi juga jemaah yang akan menggunakan visa haji mujamalah atau undangan, atau furada yang menggunakan visa khusus yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi. “Jadi tahun ini tidak ada pemberangkatan haji dari Indonesia bagi seluruh warga Indonesia,” tegas Fachrul.

Baca Juga:  Lantik 12 Pengurus Cabang Olahraga, Koni Magetan Berharap Adanya Peningkatan Prestasi Atlit

Sebagai informasi tahun ini Indonesia mendapatkan jatah 221.000 kuota jamaah haji, sedangkan untuk kabupaten magetan sendiri tahun ini tercatat ada 510 Jamaah Calon Haji (JCH) yang gagal berangkat

Baca Juga:  Berikan Layanan Pendidikan Agama Kepada Anak Yatim Piatu, Yayasan Al Hayat Buka Panti di Desa Ngariboyo.

(Sumber: Kompas.com)

 Artikel asli,

 64 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *