Connect with us

Politik

Pampang Nomor HP di Baliho, Ini Yang Didapat Kadis Kependudukan Magetan.

Published

on

Pampang Nomor HP di Baliho, Ini Yang Didapat Kadis Kependudukan Magetan.

Rasi Fm – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan memampang nomor HP miliknya di sebuah baliho yang dipasang di depan kantor sebagai bentuk keterbukaan public. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan Hermawan mengatakan, nomor HP miliknya dan seluruh kepala bagian yang bekerja di Dinas Kependudukan rapi dipampang agar warga masyarakat yang membutuhkan informasi maupun mengadukan layanan kependudukan bisa langsung melakukan komunikasi dengan ASN yang bertanggung jawab di layanan yang dibutuhkan.
“Masyarakat kan punya hak untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan saya kan punya hak dan kewajiban untuk menyampaikan apa yang seharusnya saya disampaikan kepada masyarakat. Seharusnya imbang. Kalau kepala dinas seperti kan lebih enak, yang ditakutkan apa? Sekarang lebih baik secara tehnis, kalau masalah kk, ktp ke bidang dasduk, kalau masalah akte ke bidang akte, ya kita berani blak kutanglah,” ujarnya
Selama setahun no HP dirinya dan staff dipampang di baliho di depan kantor hasilnya sangat mengejutkan. Jika awal dipampang Hermawan mengaku ada sekitar 10 warga yang mengirim pesan singkat maupun menelpon no HP miliknya. Namun selama 1 tahun baliho nomor HP dipampang akhir akhir ini tidak ada lagi warga yang mengeluh maupun mengirim pengaduan terkait pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil.
“kalau di sini semua kepala dinas harus menjalankan tugas kepala dinas, harus siap menjawab pertanyaan apapun pertanyaannya. Jadi semua harus belajar, jangan hanya saya saja yang belajar,” imbuhnya.
Menurut Hermawan seharusnya tidak ada ketakutan dari kepala dinas untuk melakukan katerbukaan public. Menurutnya melalui keterbukaan public seorang kepala dinas justru memahami permaslahan yang dihadapi oleh masyarakat sehingga pemerintah daerah melalui instasni dinas bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat”.
Sayangnya tidak semua kepala Dinas di Kabupaten Magetan berani mengambil langkah seperti Hermawan. Seharusnya tidak ada yang perlu ditakuti jika ASN telah bekerja sesuai dengan tupoksi nya. (DmS).

 82 total views,  9 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *