Connect with us

Politik

Naik 0,2 Persen, Hasil Panen Padi di Magetan Capai 340.000 Ton Lebih.

Published

on

Naik 0,2 Persen,  Hasil  Panen Padi di Magetan Capai 340.000 Ton Lebih.

Naik 0,2 Persen,  Hasil  Panen Padi di Magetan Capai 340.000 Ton Lebih.

Rasi Fm – Hasil panen padi di Kabupaten Magetan tahun 2020 diprediksi mengalami peningkatan 0,2 persen dibandingkan tahun lalu. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahana Pangan TPHPKP Kabupaten Magetan Edy Suseno mengatakan, luasan lahan panen tahun 2020 di KabupatenMagetan mencapai 55.000 hektar dengan kapasitas panen perhektar mencapai 6,5 ton gabah perhektar. Dari jumlah hasil panen sekitar 340.000 ton gabah untuk konsumsi Kabpaten Magetna tidak mencapai 50 persen jumlah hasil panen.
“Tahun ini kita prediksi 55.000 hektar satu tahun dengan produktifitas 6,5 perhejtar. Dibanding dari kebutuhan kabupaten dari dulu surplus. Masalahnya adalah kita diberi tugas juga pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan. Jadi kita tetap harus naik walaupun dari 340 an ribu ton itu kita hanya kosnumis untuk kabupaten tidak sampai separuhnya,” ujarnya Rabu (22/07/2020).

Edy Suseno menambahkan, kenaikan hasil panen tahun ini didukung oleh luasan lahan panen padi petani. Peningkatan kenaikan luas lahan panen dikarenakan peningatan pelayanan irigasi, perbaikan dam dan pembangunan bendungan.
“ Kenaikan luas panen itu dampak dari kita bisa meningkatkan pelayana rigasi melalui perbaikan jaringan irigasi penambahan sumber pertanian, bukan hanya di kami tapi juga PU. Juga perbaikan dam, pembanguna bendungan, itulah yang meningkatkan luas pelayana irigasi dan pengingkatan luas panen,” imbuhnya.
Disejumlah Kecamatan di Magetan bahkan saat ini juga sedang mengalami panen raya meski memasuki musim kemarau. (DmS)

 40 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *