Connect with us

Politik & Pemerintahan

Lima Parpol di Magetan Tandatangan MOU Berkoalisi Cari Kandidat Pilkada 2024, Sujatno Siap Mendaftar Kepada 5 Partai Koalisi.

Published

on

Lima Parpol di Magetan Tandatangan MOU Berkoalisi Cari Kandidat Pilkada 2024, Sujatno Siap Mendaftar Kepada 5 Partai Koalisi.

RASI FM – Lima Parpol di Kabupaten Magetan menandatangani nota kesepahaman perjanjian kerjasama untuk pilkada Magetan tahun 2024 di Rumah Kita resto ndeso pada Rabu malam. Ketua DPC PDI Perjuangan Sujatno mengatakan, kelima Parpol diantaranya PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS sepakat untuk membentuk koalisi untuk bisa menghasilkan bakal paslon bupati dan wakil bupati Magetan yang akan maju pada Pilkada 2024 mendatang.

“Ini sudah disepakati penanda tanganan MOU pernjanjian kerjasama dalam rangka untuk mencalonkan calon bupati dan calon wakil bupati untuk tahun 2024,” ujarnya.

Tindak lanjut dari MOU yang telah disepakati ke 5 partai selanjutnya akan membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati yang serius maju dalam Pilkada 2024 mendatang. Ketua DPC Demokrat Pangayoman mengatakan, koalisi yang terbentuk akan mengembalikan kepada masing masing partai koalisi untuk melakukan penjaringan. Dari hasil penjaringan ke 5 parpol nantinya akan dikerucutkan menjadi pasangan yang akan diusung oleh koalisi.

Baca Juga:  Jalan Penghubung Tulung - Kenongomulyo Selesai Diaspal Hotmix, Warga : Angkut Panen Padi Lancar.

“Kesungguhan dari kandidat itu harus dibuktikan dengan pendaftaran, itu saja. Besok dilihat (siapa yang mendaftar). Arahnya ke situ (balon Pasangan Bupati dan wakil bupati) dengan menghormati mekanisma masing masing partai,” katanya.

Ketua DPD Gerindra Magetan Putut Pujiono mengatakan, kesepakatan 5 parpol ini merupakan hasil pertemuan kedua kalinya dimana semua partai koalisi membuka kesempatan kepada semua kader partai utuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati maupun calon wakil bupati Magetan. Keputusan terkait siapa yang akan diajukan sebagai pasangan calon, akan tetap dikembalikan kepada DPD dan DPP masing masing partai.

Baca Juga:  Dengarkan Tanggapan Pemkab Soal Usulan Raperda, DPRD Magetan Dorong 3 Raperda Segera Digenjot Pembahasannya.

“Kesepakatan 5 partai ini merupakan pertemuan kedua. Klausul ini membebaskan kita semua berimprovisasi dari partai manapun dari 5 ini kalau ada kader terbaik silahkan, kalau pak Jatno mendaftar silahkan, dari Pan, PKS, Dermokrat mendaftar silahkan. Tentu keputusan final di DPD dan DPP. Intinya ini kesepakatan kerjasama,” ucapnya.

Koalisi 5 partai yang dilakukan menurut Sujatno merupakan bentuk komunikasi dengan partai yang ada di Kabupaten Magetan karena ke 5 partai tidak bisa mengusung sendiri calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada tahun 2024 mendatang. Meski ke 5 partai telah menandatangani kesepakatan kerjasama, namun Sujatno mengaku tidak menutup kemungkinan jika ada partai lain yang ingin bergabung dalam koalisi.

Baca Juga:  Kenalkan Handcraff, Pemkab Magetan Akan Bangun Rumah Promosi

“Kami menyadari bahwa semua partai di Magetan tidak bisa memberangkatkan sendiri (paslon Bupati Wakil Bupati). Perlu di garis bawahi kami tidak membatasi untuk 5 ini, ada yang mau bergabung, wellcome,” katanya.

Dari ke 5 perwakilan partai kolalisi, Sujatno menyatakan siap untuk mendaftarkan diri kepada panitia penjaringan yang akan dilakukan oleh panitia masing masing partai koalisi. Sementara perwakilan partai koalisi lainnya masih enggan menjawab apakah akan mendaftar sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati dalam pendaftaran balon yang akan dilakukan partai koalisi.(DmS)

 119 total views,  3 views today