Connect with us

Budaya&Pariwisata

Kisah Kades Suco, Buat Kapal Bajak Laut di Belakang Balai Desa Untuk Geliatkan Perekonomian Warga.

Published

on

Kisah Kades Suco, Buat Kapal Bajak Laut di Belakang Balai Desa Untuk Geliatkan Perekonomian Warga.

Rasi Fm- Kepala Desa Suco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan membangun sebuah kapal bajak laut di belakang balai desa tempatnya bekerja. Di sekeliling kapal yang terbuat dari beton tersebut terdapat selokan yang berisi ikan koi dan ikan hias, sehingga kesan kapal tersebut berada di perairan sangat terasa.

”Pembangunanya bertahap, ini baru 50 persen untuk penyelesaiannya,” ujar Didik Haryono.

Pembangunan kapal bajak laut menurut Didik Haryono akan selesai tahun depan di mana di tengah kapal akan dilengkapi dengan tangga dan menara pengawas layaknya di film Jack Sparrow. Di geladak kapal rencananya akan dipenuhi bola sehingga anak anak akan bisa main bajak laut sambil mandi bola. Kapal bajak laut setengah jadi tersebut terletak di taman Soheden atau Soco Herbal Garden.

Baca Juga:  Berhasil Gelar Ujian Sekolah Secara Tatap Muka, Dinas Pendidikan Magetan Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran Baru

“Disni kita tanam sejumlah tanaman obat obatan herbal. Jadi selain sebagai taman juga sebagai edukasi bahwa tanaman obat obatan bermanfaat untuk menjaga kesehatan, tidak harus obat kimia tapi warga bisa memanfaatkan tanaman untuk menjaga kesehatan,” imbuhnya.

Taman Soheden juga dilengkapi dengan bangunan perpustakaan yang bisa dimanfaatkan warga untuk menimba ilmu pengetahuan. Di lahan seluas lebih dari 1 hektar tersebut kata Didik Haryono juga dilengkapi dengan kebun buah mini. Pemerintah Desa Soco juga membangun kolam renang seluas lebih dari 10 meter persegi yang bisa dimanfaatkan oleh anak anak Desa Soco maupun desa lainnya.

Baca Juga:  Temukan Bata Ukuran Raksasa, Warga Desa Sidomulyo Duga Ada Peninggalan Sejarah

“Di kecamatan sini tidak ada kolam renang,  padahal siswanya lebih dari 3.000 siswa. Kalau mau renang harus ke Magetan atau ke kecamatan lain yang lumayan jauh,” katanya.

Selain kolam renang pemerintah Desa Soco juga melengkapi Taman Soheden dengan pusat kuliner yang berada tak jauh dari kolam renang. Saat ini ada 24 pelaku UMKM kuliner yang telah dibina desa untuk mengisi stand kuliner tersebut. Di stand kuliner dengan bangunan permanen yang luas rencananya juga akan menjadi display produk unggulan desa seperti olahan minuman dari tanaman herbal yang berada di taman Soheden, produk warga dan batik Soheden.

“Kita juga punya produk batik Soheden dengan corak dari tanaman herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Melalui batik kita juga ingin menonjolkan edukasi tanaman herbal,” ucap Didik.

Baca Juga:  Jumlah Pasien TBC Menurun, Dinkes Magetan Sebut Pasien Takut Dicovidkan.

Didik Haryono optimis pembangunan taman Soheden akan rampung dan rencananya akan dilouncing pada Hari Raya Lebaran tahun 2023 mendatang. Dia berharap melalui taman Soheden warga bisa menikmati hari libur dengan menikmati destinasi wisata yang murah, meriah dan murah. Taman Soheden juga diharapkan akan menjadi roda penggerak ekonomi warga melalui lapak kuliner maupun melalui penjualan produk unggulan desa.

“Harapan kita Taman Soheden ini bisa menjadi pengungkit perekonomian di desa kami. Insyaallah lebaran tahun depan sudah bisa kita louncing,” pungkasnya. DmS)

 312 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *